Wapres Ma'ruf Amin Dukung Klarifikasi Cak Nun soal Jokowi Firaun, Apa Benar?

Wapres Ma'ruf Amin Dukung Klarifikasi Cak Nun soal Jokowi Firaun, Apa Benar? Kredit Foto: Istimewa

Video mencatut Wakil Presiden Ma'ruf Amin beredar di media sosial melalui sebuah kanal YouTube yang diunggah pada 21 Januari 2023. 

Sampul dan judul video seolah menarasikan bahwa Ma'ruf Amin mendukung klarifikasi budayawan Emha Ainun Nadjib atau Cak Nun soal pernyataan 'Jokowi Firaun'. 

Baca Juga: Dulu Terhormat Sekarang Terperosok, Ferdy Sambo Ratapi Nasib: Dalam Jeruji Besi yang Sempit, Saya Merenung..

"KLARIFIKASI CAKNUN TENTANG FIRAUN SE INDONESIA TERKEJUT CAK NUN SAMPAIKAN HAL INI," tulis kanal tersebut pada sampul video. 

"BIKIN GEMPAR KLARIFIKASI CAK NUN DI DUKUNG MAKRUF AMIN," demikian bunyi judul video terkait. 

Setelah video diperdengarkan untuk cek fakta, tidak ditemukan informasi terkait Wapres Ma'ruf Amin mendukung klarifikasi Cak Nun soal Jokowi Firaun. 

Narator dalam video membacakan narasi yang sesuai dengan artikel Warta Ekonomi berjudul "Klarifikasi Cak Nun Soal 'Jokowi dan Firaun' Disebut Keren: Menggugurkan Rencana Pelaporan Tanpa Merendahkan Diri", tayang pada 19 Januari 2023. 

Baca Juga: Cak Nun Sebut Jokowi Bak Firaun, Ulama Balik Serang Budayawan Tersebut, Begini Katanya

Artikel itu membahas tanggapan advokat Ahmad Khozinudin terhadap permintaan maaf Cak Nun yang menyebut Jokowi seperti Firaun. Menurutnya, gaya klarifikasi Cak Nun cukup 'berkelas' tanpa menjatuhkan martabat diri sendiri. 

Dengan demikian, video dengan narasi Ma'ruf Amin mendukung klarifikasi Cak Nun soal Jokowi Firaun adalah tidak benar. Faktanya, tidak ada narasi terkait dalam pembahasan video.  

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover