Jokowi Puji Heru Budi Lanjutkan Proyek Sodetan Ciliwung yang Sudah Enam Tahun Berhenti, Nasdem: Tapi Kan Anggarannya dari Zaman Pak Anies!

Jokowi Puji Heru Budi Lanjutkan Proyek Sodetan Ciliwung yang Sudah Enam Tahun Berhenti, Nasdem: Tapi Kan Anggarannya dari Zaman Pak Anies! Kredit Foto: Moehamad Dheny Permana

Anggota DPRD DKI Fraksi Nasdem Hasan Basri Umar buka suara mengenai proyek sodetan Kali Ciliwung yang disebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah berhenti sejak enam tahun lalu. Ia mengatakan meski mulai dikerjakan lagi di saat Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Kepala Daerah sebelumnya, Anies Baswedan juga mempunyai andil besar.

Menuru Hasan, Heru tidak sepenuhnya berjasa melanjutkan proyek upaya mengatasi banjir itu. Karena, anggaran yang dipakai disebutnya sudah dikucurkan sejak era Anies dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun lalu. 

“Pak Heru emang pelaksanaanya, tapi, kan anggarannya kita setujui dari zamannya Pak Anies, jadi anggaran berjalan ini sudah disusun tahun lalu,” tutur Hasan di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (24/1/2023).

Apalagi, menurutnya, pengerjaan sodetan tersebut memang dilakukan secara bertahap, mulai dari pembebasan lahan hingga konstruksinya. Hasan mengatakan progresnya sudah berjalan sejak era Anies.

“Mungkin sebelum ini sudah ada pelaksanaannya Cuma belum selesai saja begitu,” tuturnya.

Baca Juga: Ngaku Dilobi Jenderal Ingin Hukuman Sambo Diringankan, Kamaruddin: Ditawari Utusan Presiden Ratusan Miliar Gak Mau, Apalagi Cuma Uang Receh!

Tak hanya itu, Hasan sebenarnya tidak mempermasalahkan soal siapa yang mengerjakan proyek itu, Ia menilai, banyak pihak yang kerap menyudutkan Anies terkait pekerjaan Heru karena sudah mendekati tahun politik.

Begitu pula dengan pernyataan Jokowi yang mengatakan proyek sodetan itu sudah berhenti enam tahun bukan untuk melegitimasi Anies.

“Enggak ada (Jokowi melegitimasi Anies), soalnya ini tahun politik selalu dikaitkan, yang bikin masalah ini kan orang luar saja, yang orang lihat dari luar,” ungkapnya.

Baca Juga: ‘Ingat! Dua Parpol Saja, Anies Nggak Akan Jalan’ Demokrat 'Ancam' Koalisi Bakal Batal Jika Tak Gandeng AHY?

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau pembangunan sodetan Kali Ciliwung, Jakarta Timur, Selasa (24/1/2023).

“Di bawah sudah sampai Jakarta masih ada masalah sekarang juga sebentar lagi akan selesai mungkin April insyaallah udah selesai sodetan Ciliwung yang sudah berhenti 6 tahun,” ujar Jokowi setelah meninjau proyek pembangun sodetan Kali Ciliwung.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Populis dengan Suara.com.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover