Tak Serius Usut Kasus Formula E, Benarkah Firli Bahuri Dicopot dari Ketua KPK?

Tak Serius Usut Kasus Formula E, Benarkah Firli Bahuri Dicopot dari Ketua KPK? Kredit Foto: Akbar Nugroho Gumay

Video mencatut Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri beredar di media sosial melalui sebuah kanal YouTube yang diunggah pada 25 Januari 2023. 

Sampul dan judul video seolah menarasikan, Firli Bahuri dicopot dari jabatannya karena tidak serius dalam mengusut kasus dugaan korupsi Formula E

Baca Juga: KPK Gak Usah Kelamaan Tangkap Pelaku Pengadaan Lahan Rumah DP Nol, Azas Tigor Teriak: Jangan Seperti Kasus Formula E!

"DEWAS SEGERA GELAR SIDANG FIRLI BAHURI DI COPOT !? IMBAS PLIN PLAN USUT FORMULA E," tulis kanal tersebut pada sampul video. 

"Info terkini - GAWAT, ! AKHIRNYA DEWAS KPK GELAR SIDANG TERKAIT FORMULA E, FIRLI DI COPOT !?." demikian bunyi judul video terkait. 

Setelah video diperdengarkan untuk cek fakta, tidak benar Firli Bahuri dicopot dari jabatan Ketua KPK karena tidak serius mengusut kasus dugaan korupsi Formula E. 

Video membahas soal dua pejabat KPK yang dilaporkan ke Dewan Pengawas (Dewas) terkait penyelidikan dugaan korupsi penyelenggaraan Formula E. 

Melansir Republika.co.iddua pejabat itu adalah Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Karyoto dan Direktut Penyelidikan KPK Endar Priantoro. 

Baca Juga: Gegara Sirkuit Formula E Warisan Anies Baswedan, Ancol Kehilangan Potensi Pendapatan Rp 24 Miliar Setiap Tahun?

Meski demikian, anggota Dewas KPK Syamsuddin Haris tidak merinci soal materi ataupun pelapor tentang aduan tersebut. Ia hanya menyampaikan pihaknya sedang mendalami laporan itu. 

Dengan demikian, video dengan narasi Firli Bahuri dicopot dari jabatannya karena tidak serius mengusut kasus Formula E adalah tidak benar. Faktanya, tidak ada informasi kredibel yang mendasari klaim tersebut. 

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover