Jokowi Sebut Sodetan Ciliwung Mangkrak 6 Tahun, Loyalis Anies Singgung Kementerian PUPR: Yang Bener Mana?

Jokowi Sebut Sodetan Ciliwung Mangkrak 6 Tahun, Loyalis Anies Singgung Kementerian PUPR: Yang Bener Mana? Kredit Foto: Moehamad Dheny Permana

Mantan Anggota TGUPP Era Anies Baswedan, Tatak Ujiyati menanggapi pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait proyek sodetan Kali Ciliwung yang sudah mangrak selama 6 tahun.

Pasalnya, ia mengatakan dalam akun Twitter resmi Kementerian PUPR telah disebut bahwa proyek sodetan yang dinilai untuk mengatasi banjir itu sudah dikerjakan pada tahun 2021.

"Tentang proyek Sodetan Kali Ciliwung ke BKT. Apa kata Pak Presiden Jokowi vs apa kata Kementerian PUPR. Yang bener itu mangkrak 6 tahun atau sudah dikerjakan sejak tahun 2021 ya?" cuitan Tatak dari akun Twitter pribadinya, Rabu (24/1/2023).

Ia juga menyertai cuitan Kementerian PUPR Tahun 2021 terkait sodetan Kali Ciliwung.

"Kementerian PUPR kembali melanjutkan pembangunan terowongan (sudetan) dari Sungai Ciliwung menuju Kanal Banjir Timur (KBT) pada TA 2021. Sebelumnya, pembangunan sudetan ini telah dilaksanakan sepanjang 550 m pada tahun 2013-2015," tulis akun Twitter Kementerian PUPR, pada (4/8/21) lalu.

Baca Juga: Beberkan Pertemuannya dengan Prabowo, Gibran: Kalau Nggak Bahas Itu Rugi…

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau pembangunan sodetan Kali Ciliwung, Jakarta Timur, Selasa (24/1/2023).

Dalam kesempatan itu, Jokowi seperti menyindir halus soal proyek sodetan Ciliwung yang sdah berhenti selama enam tahun.

Pasalnya, proyek tersebut dinilai penting dalam pengendalian banjir di Ibu Kota. Walau, Jokowi tak menyebut secara langsung nama mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Tetapi, melihat waktunya selama enam tahun yang dikatakan oleh Jokowi itu, termasuk kedalam periode kepemimpinan Anies Baswedan. Proyek sodetan itu belum berhasil diselesaikan.

Baca Juga: Enam Tahun Sodetan Ciliwung Nggak Diapa-apain, Anies Baswedan Lepas Tangan?

“Di bawah sudah sampai Jakarta masih ada masalah sekarang juga sebentar lagi akan selesai mungkin April insyaallah udah selesai sodetan Ciliwung yang sudah berhenti 6 tahun,” ujar Jokowi setelah meninjau proyek pembangun sodetan Kali Ciliwung.

“Saya juga kaget dikerjakan oleh Pak Gubernur Heru. Saya enggak tahu pendekatannya apa, tapi selesai, makanya, saya ke sini tadi karena udah selesai,” tuturnya.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover