KIB Disarankan Segera Deklarasikan Capres-Cawapres: Lebih Cepat, Semakin Baik!

KIB Disarankan Segera Deklarasikan Capres-Cawapres: Lebih Cepat, Semakin Baik! Kredit Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago menyarankan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) untuk segera mendeklarasikan Capres-Cawaprs yang bakal diusung pada Pilpres 2024.

Menurutnya, semakin cepat dideklarasikan akan semakin baik bagi capres yang diusung KIB.

"KIB harusnya lebih cepat, lebih baik. Sehingga yang kita tahu capres-cawapres bisa keliling Indonesia untuk mensosialisasikan visi pencapresannya. Bisa berkeliling Indonesia, menyapa, menyalami masyarakat," kata Pangi.

Baca Juga: Baru Juga Deklarasi Anies Baswedan, PKS Langsung Disentil Soal Kelompok Radikal: Biadab!

Menurut Pangi hal tersebut akan lebih menguntungkan bagi semua pihak. Sebab jadwal kampanye Pemilu 2024 terhitung pendek. 

"Jauh lebih baik lebih cepat masyarakat tahu sehingga tidak memilih kucing dalam karung. Karena kalau dilihat dari jadwal KPU, itu tidak mungkin bisa menyapa menyalami, bertemu dengan masyarakat 270 juta dengan luas wilayah yang begitu besar kalau berdasarkan jadwal KPU," ujarnya.

Baca Juga: Loyalis Ganjar Sentil Dua Menteri NasDem yang Tak Hadir di Rapat Kabinet Jokowi: Mungkin Lagi Dampingi Anies Kampanye

Pangi menilai ada strategi dan desain tertentu dalam KIB yang membuat mereka tidak kunjung mendeklarasikan nama capres. Ia menduga KIB tengah menunggu momentum baik dan hari baik.

Selain itu, ia juga menduga KIB tengah menunggu partai lain untuk bergabung dengan koalisi beranggotakan Golkar, PPP, dan PAN itu. Ada pula kemungkinan pembahasan nama capres di internal KIB masih belum menemui titik temu. 

"Mungkin itu yang membuat KIB belum mengumumkan capres-cawapres agar partai lain yang bergabung ke KIB," ucapnya.

Lihat Sumber Artikel di Republika Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Populis dengan Republika.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover