Heboh Utang Anies Rp92 Miliar, Sandiaga Akhirnya Blak-blakan Soal Total Ongkos Pilkada DKI 2017: Aduh Saya Keluar Sekitar Rp300 Miliar!

Heboh Utang Anies Rp92 Miliar, Sandiaga Akhirnya Blak-blakan Soal Total Ongkos Pilkada DKI 2017: Aduh Saya Keluar Sekitar Rp300 Miliar! Kredit Foto: Istimewa

Eks Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno blak-blakan soal besaran anggaran yang ia keluarkan untuk ongkos kampanye saat dirinya maju sebagai calon wakil gubernur pendamping Anies Baswedan pada Pilkada DKI Jakarta 2017 silam.

Politisi Gerindra itu mengatakan secara keseluruhan dirinya mengeluarkan sekitar Rp300 miliar dalam hajatan tersebut, besaran dana yang disebutkan ini jelas jauh lebih besar dari total utang Anies Baswedan ke Sandiaga Uno sebesar Rp92 miliar yang juga disebut-sebut dipakai buat ongkos Pilkada DKI Jakarta.

Baca Juga: Ferdy Sambo Divonis Pidana Mati, Kuasa Hukumnya Mencak-mencak Nggak Terima, Langsung Nuduh Macam-macam, Astaga!

“Aduh, hampir. Itu saya laporkan di LHKPN, angkanya saya lupa tapi hampir Rp300 Miliar,” kata Sandiaga Uno dalam sebuah wawancara dengan  Refly Harun dilansir Populis.id Senin (13/2/2023).

Penggelontoran dana besar-besaran lanjut Sandiaga bukan hanya ia lakukan pada Pilkada DKI Jakarta, dana dengan nominal yang jauh lebih besar juga keluarkan untuk ongkos kampanye ketika dirinya maju menjadi calon wakil Presiden pendamping Prabowo Subianto pada Pilpres 2019 lalu.

“Itu juga saya laporkan habis Rp600an miliar,” ujarnya.

Mendengar pernyataan tersebut, Refly Harun menyebut bahwa jika diakumulasikan berarti Rp1 Triliun. Refly juga menyebut bagi orang yang ingin nyapres dan ikut Pilgub DKI untuk tidak bermimpi jika tak memiliki dana sekian.

“Tetap bisa jadi kandidat. Saya aja terlalu naif dan sedikit bloon,” kata Sandiaga. 

Baca Juga: Anies Baswedan Bakal Panas Dingin Dengar Ini, Fahri Hamzah Singgung Orang Susah yang Doyan Ngutang Buat Nyalon, Sindiriannya Telak!

Baca Juga: Utang Anies ke Sandi Disebut-sebut Sebagai Perencanaan Korupsi Karena Dianggap Lunas Ketika Berkuasa, Eks KPK Sampai Ikutan Ngomong, Simak!

Lebih jauh kata mantan Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia ini, baginya tidak ada penyesalan sama sekali. Buatnya itu adalah bagian dari perjuangan dan pengorbanan.

“Dan memang kalau di politik itu kalau kita mau mandiri yah harus berani keluarkan uang sendiri,” tandasnya.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover