Mahfud MD Blak-blakan Sebut Polarisasi Bakal Terjadi di Pilpres 2024 Kalau Capresnya Seperti Ini...

Mahfud MD Blak-blakan Sebut Polarisasi Bakal Terjadi di Pilpres 2024 Kalau Capresnya Seperti Ini... Kredit Foto: Instagram/Mahfud MD

Menko Polhukam blak-blakan mengatakan Pemilu 2024 berpotensi terjadi polarisasi politik apabila koalisi partai-partai sama seperti tahun 2014 dan 2019 silam.

Menurutnya, polarisasi antara dua kubu pendukung pasangan calon presiden (Capres) dan calon wakil presiden (Cawapres) bisa saja kembali terjadi.

"Tergantung situasi politiknya ya. Tergantung bagaimana nanti koalisi antar parpol itu membuat kombinasi calon gitu ya. Kalau tetap seperti kemarin polarisasinya berhadapan akan ramai lagi," ucap Mahfud dalam acara HUT ke-15 TVOne, Selasa malam (14/2/2023).

Baca Juga: Ferdy Sambo Divonis Mati, Mahfud MD: Saya Bangga Hakim Berani Melawan Rongrongan Tersembunyi!

Lebih lanjut, Mahfud hanya bisa memastikan bahwa Pemilu akan digelar sesuai jadwal yang sudah ditetapkan yakni 14 Februari 2024.

"Saya dari pemerintah Insyaallah menjamin Pemilu itu secara teknis akan jalan tahun 2024 dan akan aman, akan jalan dan akan aman," terangnya.

Kendati demikian, Mahfud mengaku khawatir dengan situasi politik pasca Pemilu. Hingga saat ini menurutnya partai politik belum ada yang menyampaikan gagasannya untuk menangani masalah Indonesia kedepan.

Baca Juga: Jusuf Kalla: Politik Identitas Jangan Dijadikan Alat Mendiskreditkan Lawan!

Padahal, kata Mahfud, ada dua masalah besar yang akan dihadapi Indonesia kedepan. Pertama, persoalan polarisasi ideologi. Dan, kedua permasalahan korupsi.

Kandidat Capres 2024

Sejauh ini baru Anies Baswedan yang secara resmi mendeklarasikan diri maju Pilpres 2024 mendatang. Eks Gubernur DKI Jakarta itu mendapat dukungan dari tiga partai politik yang memenuhi presidential threshold 20 persen yakni Partai NasDem, Demokrat, dan PKS.

Selain Anies, nama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto juga digadang-gadang akan maju menjadi Capres. Partai Gerindra sudah secara resmi menyatakan bakal mengusung Prabowo.

Baca Juga: Elektabilitas Ganjar Pranowo Meroket hingga 25,5 Persen: Puan Maharani Mandek!

Namun, Menteri Pertahanan itu belum bisa dipastikan akan mendapatkan tiket Pilpres. Sebab, suara Gerindra belum memenuhi syarat presidential threshold 20 persen. Gerindra kini tengah mematangkan koalisi bersama PKB.

Nama Ganjar Pranowo kuat diprediksi bakal maju Pilpres 2024. Elektabilitas Gubernur Jawa Tengah itu sangat tinggi di berbagai lembaga survei. Akan tetapi, Ganjar belum mempunyai kendaraan politik untuk maju. Partainya, PDIP belum memutuskan sosok Capres yang akan diusung.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover