Profesor UIN Jakarta Sampaikan 2 Hal Penting yang Wajib Diselesaikan Terkait Kasus Penganiayaan Mario Dandy Terhadap David

Profesor UIN Jakarta Sampaikan 2 Hal Penting yang Wajib Diselesaikan Terkait Kasus Penganiayaan Mario Dandy Terhadap David Kredit Foto: Istimewa

Kasus penganiayaan yang dilakukan oleh Mario Dandy Satriyo terhadap David, anak pengurus GP Ansor hingga saat ini belum menemukan titik terang.

Di sisi lain, kasus ini juga berimbas pada ayah Mario yakni Rafael Alun Trisambodo (RAT) yang mundur dari jabatannya sekaligus sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN).

Guru Besar Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Ahmad Tholabi Kharlie, memberi pandangan atas kasus ini. 

Tholabi Kharlie menyebutkan terdapat dua aspek yang harus dituntaskan dari kasus kekerasan yang menimpa David. Dua hal tersebut, kata Tholabi harus diselesaikan secara pararel dan simultan.

“Saya melihat ada dua hal yang harus dituntaskan dari kasus ini. Pertama, soal tindak kekerasan yang menimpa David. Penegakan hukum atas tindakan kekerasan harus diusut secara transparan. Hambatan yang kesannya  muncul di publik, sebaiknya dituntaskan oleh polisi,” kata Tholabi di Jakarta, Rabu (1/3/2023). 

Dekan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini mengingatkan kekerasan yang menimpa David menjadi momentum Polri meningkatkan kepercayaan publik.

Baca Juga: Guntur Romli Bingung Pacar Mario Dandy Tak Kunjung Jadi Tersangka: Apa Istimewanya Pak Polisi, Dibanding Anak-anak...

“Saya kira, ini kesempatan baik bagi Polri untuk merebut kembali kepercayaan publik setelah sebelumnya merosot imbas kasus Sambo. Kuncinya, tegakkan hukum, hilangkan hambatan-hambatan, dan tegak lurus bekerja sesuai alat bukti dan aturan hukum yang berlaku,” saran Tholabi.

Lihat Sumber Artikel di Republika Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Populis dengan Republika.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover