Bukan Cuma Klarifikasi, KPK Juga Bakal Lacak Sumber Harta Rp56 Miliar Rafael Alun!

Bukan Cuma Klarifikasi, KPK Juga Bakal Lacak Sumber Harta Rp56 Miliar Rafael Alun! Kredit Foto: Moehamad Dheny Permana

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah mendapat klarifikasi dari mantan pejabat pajak Kementerian Keuangan Rafael Alun Trisambodo perihal kekayaannya yang capai Rp56 miliar.

Deputi Pencegahan KPK Pahala Nainggolan menjelaskan bahwa klarifikasi ini hanya untuk memastikan jumlah hartanya, tetapi menelusuri sumber kekayaannya Rafael.

"Jadi target kami bukan hanya sekadar mengklarifikasi ini hartanya benar apa gak, tapi asalnya dari mana? kalau asalnya bisa dipertanggungjawabkan," kata Pahala Nainggolan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Rabu (1/3/2023) kemarin.

Baca Juga: Banyak Desakan AG Harus Ditetapkan Sebagai Tersangka, Kuasa Hukum Mario Dandy: Silahkan, Jadi Nggak Hanya Klien Saya...

Dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negera (LHKPN) memang disebutkan asalnya seperti hibah tanpa akta, hiba dengan akta, hasil sendiri dan warisan. Maka, perlu untuk memastikan asal muasalnya.

"Kami cari asalnya sekarang, makanya jadi agak lama karena kami cari asalnya dan ini peridoenya panjang ke belakang," katanya.

Baca Juga: Ternyata AG Ikut Merekam Penganiayaan Mario Dandy ke Anak GP Ansor, Orang Ini yang Beberin!

Selain itu, KPK turut mendalami hasil transaksi keuangan Rafael yang diduga tak wajar.

"Termasuk laporan PPATK kami baca, mau dia pakai apa, kami baca sekarang," kata dia.

Baca Juga: Rekening Rafael Disorot Usai kasus Anaknya Aniaya Orang, Said Aqil: Kalau Memang Pajak Uang Diselewengkan, Warga NU Gak Usah Bayar Pajak!

Diketahui, harta kekayaan Rafael menjadi sorotan, buntut dari kasus penganiayaan sadis yang dilakukan anaknya, Mario Dandy Satrio kepada David (17) ke anak pengurus GP Ansor.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover