Apa Itu Anti-Kapitalisme?

Apa Itu Anti-Kapitalisme? Kredit Foto: https://flickr.com/photos/[email protected]/33204172856

Antikapitalisme merupakan sebuah ide yang berakar dari lokal namun menggobal dan bertahan sebagai sekumpulan tindakan dan gerakan grass-root yang bebas.

Gerakan ini muncul pada pertengahan tahun 1990-an yang berseberangan dengan hegemoni global dari institusi neoliberal dan kepentingan korporat yang berkembang pesat pada era tersebut.

Baca Juga: Gerakan 'Bersama Anies Kami Siap' Ajak Relawan Pendukung Anies di Pilpres 2024

Antikapitalisme perlu mengembangkan filosofi yang koheren dan melekat satu sama lain. Seperti, sesuatu yang dapat disediakan oleh teori budaya dan warisan intelektual Kiri Baru.

Terutama melalui karya para pemikir radikal kunci, seperti Ernesto Laclau, Stuart Hall, Antonio Negri, Gilles Deleuze dan Judith Butler.

Antikapitalisme dan Budaya berpendapat bahwa ada hubungan yang kuat antara tradisi radikal studi budaya dan gerakan politik baru yang mencoba melawan globalisasi perusahaan.

Kedua hal tersebut saling membutuhkan satu sama lain, sementara teori dapat membentuk dan mengarahkan keragaman besar aktivisme antikapitalis.

Energi dan keterlibatan politik dari gerakan antikapitalis dapat memberikan pembaharuan dalam studi budaya.

Sejatinya, istilah pertama yang beredar luas di pers adalah gerakan anti-globalisasi, karena secara khusus dianggap menentang agenda globalisasi Organisasi Perdagangan Dunia.

Gerakan ini ditandai dengan dorongan untuk meliberalisasi perdagangan dunia di setiap tingkatan, terlepas dari konsekuensi sosial lokal.

Istilah gerakan anti-globalisasi membuat banyak pengamat dan komentator berasumsi bahwa para pemrotes terhadap Organisasi Perdagangan Dunia dan neoliberalisme yang dipaksakan menentang percampuran dan hibridisasi budaya lokal; erosi kontrol negara atas perbatasan dan mobilitas orang; dan umumnya pandangan kosmopolitan dan internasionalis yang semuanya terkait dengan globalisasi.

Baca Juga: Resmi Bebas, Habib Bahar Bakal Berjuang Bareng Habib Rizieq!

Sebenarnya, terdapat permasalahan untuk mendefinisikan dengan tepat apa artinya menjadi anti-kapitalis. Karena beberapa orang mungkin menganggap anti-kapitalisme melibatkan penolakan besar-besaran terhadap tatanan sosial yang ada dan tekad untuk menggantinya dengan yang sama sekali berbeda.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini