Apa Itu Perjuangan Kelas?

Apa Itu Perjuangan Kelas? Kredit Foto: wikimedia Commons

Perjuangan kelas adalah bentuk material dari kesadaran kelas di bawah kondisi material tertentu dan kontradiksinya.

Perjuangan kelas terjadi ketika melawan hubungan kelas kapitalis yang beroperasi pada tingkat yang berbeda: tingkat yang lebih mendasar, dan tingkat di mana efek dari operasi logika hubungan kelas dimanifestasikan dan menghasilkan efek dalam bentuk upah rendah, pengangguran, dan sebagainya.

Baca Juga: Memang Beda Kelas, Dulu Ahok Nantangin DPRD, Eh Giliran Gubernur Sekarang Takut..

Perjuangan kelas yang tepat, adalah perjuangan melawan relasi itu sendiri. Hal ini adalah perjuangan untuk menghapus hubungan kelas dan untuk membangun masyarakat baru yang mempertahankan ciri-ciri positif dari masyarakat saat ini tetapi secara kualitatif melampauinya.

Perjuangan kelas yang tepat adalah perjuangan yang dapat dibangun di atas, tetapi harus melampaui, bentuk perjuangan serikat buruh dan tujuannya.

Perjuangan kelas berakar pada kontradiksi mendasar dalam hubungan kelas: buruh menghasilkan kekayaan bersama dalam proses kolektif tetapi diambil alih oleh segelintir elite, yang mengakibatkan perampasan dan kesengsaraan bagi pekerja.

Menurut Marx dan Engels, perjuangan kelas merupakan kekuatan pendorong langsung dari sejarah; itu adalah ‘pengungkit besar revolusi sosial modern’.

Sebagai ahli teori kelas pekerja yang berusaha membantunya dalam perjuangannya, mereka menolak untuk bekerja dengan siapa pun yang tidak mendukung pandangan ini.

Pentingnya perjuangan kelas bagi teori Marxis dapat diukur dari fakta bahwa menurut Marx dan Engels:

Baca Juga: Ibu Mega Bisa Persilahkan Ganjar Minggat Dari PDI Perjuangan: Kalau Mau Keluar ya Keluar!

“Semua perjuangan di dalam negara, perjuangan antara demokrasi, aristokrat dan monarki, perjuangan untuk hak pilih, dan lain sebagainya hanyalah bentuk-bentuk ilusi. Bahwa perjuangan nyata dari kelas yang berbeda diperjuangkan satu sama lain.”

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini