Habib Bahar Akhirnya Bebas, Begini Wujud Kedekatannya dengan Habib Rizieq

Habib Bahar Akhirnya Bebas, Begini Wujud Kedekatannya dengan Habib Rizieq Kredit Foto: Raisan Al Farisi

Habib Bahar Bin Smith baru saja dibebaskan dari masa tahanannya di Lembaga Pemasyarakan Khusus Kelas IIA Gunung Sindur pada Minggu (21/11/2021). Ia sudah ditahan sejak 18 Desember 2018 silam setelah menjadi terpidana Pasal 333 KUHP dengan pidana tiga tahun dan Pasal 351 KUHP dengan pidana tiga bulan. Ia memperoleh remisi sebanyak empat bulan.

Bahar sendiri setelah berhasil menjalani masa hukumannya secara penuh dan akhirnya kembali menghirup udara kebebasan langsung bermanuver dengan mencanangkan sejumlah agenda yang akan dilakukannya pasca bebas. Salah satu di antaranya adalah mengadakan safari dakwah untuk satu tahun ke depan. 

Adapun agendanya itu disebutkan adalah sebagai wujud perjuangannya di bawah komando Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Muhammad Rizieq Shihab. Hal ini pun dikonfirmasi oleh pengacara Bahar sendiri, Ichwan Tuankotta saat dihubungi pada Senin (22/11/2021).

“Sudah terjadwal beliau satu tahun ke depan penuh jadwalnya. Insyaallah ke daerah-daerah safari. Tadi sampaikan juga akan berdakwah, akan berjuang di bawah komando imam besar kita,” ungkap Ichwan.

Bahar sendiri juga kabarnya berniat untuk mengunjungi Rizieq yang kini masih berstatus sebagai tahanan akibat terjerat sejumlah kasus hukum. 

"(Menemui Rizieq Shihab) itu salah satunya nanti kita akan sampaikan. Mungkin kangen juga dengan Habib Rizieq. Insyaallah nanti kita atur waktu dengan beliau,” tuturnya tanpa memberikan keterangan rinci terkait jadwal kunjungan tersebut.

Hal ini juga sudah sampai ke telinga kuasa hukum Rizieq, Aziz Yanuar terkait ihwal Bahar yang ingin menjenguk Rizieq di tempatnya ditahan. Ia mengatakan bahwa dirinya akan berbicara dengan Ichwan untuk mengatur agenda pertemuan antara Bahar dan Rizieq.

"Sebagai sesama ulama, habib dan tokoh, hal itu baik saja dan insya Allah berkah," ujar Aziz.

Baca Juga: Resmi Bebas, Habib Bahar Bakal Berjuang Bareng Habib Rizieq!

Layaknya titisan Rizieq, Bahar memang memiliki karakter serupa saat berdakwah. Retorikanya terkenal tegas dan berapi-api, khususnya dalam membahas isu-isu sensitif. Ia kerap dianggap seperti seorang 'panglima' di tengah para pengikut Rizieq, hal ini salah satunya dibuktikan dengan perannya sebagai penggerak rangkaian Aksi Bela Islam yang digelar oleh FPI.

Bahar sendiri memang memiliki hubungan khusus dengan Rizieq, dimana dirinya tampak begitu mengagumi sosok pentolan FPI tersebut. Saat Rizieq dipenjara, Bahar dikabarkan begitu marah hingga mengirimi surat kepada Rizieq. Dirinya mengungkapkan permohonan maafnya karena tidak bisa berbuat apa-apa karena dirinya juga berada di balik jeruji.

Ia juga menyebut dirinya sebagai sosok anak terhadap Rizieq karena kedekatan serta kemiripan keduanya, khususnya terkait gaya berdakwah. Bagi Bahar, Rizieq adalah sosok teladan, pedoman, guru, serta ayah yang sangat dikaguminya dan selalu dicontohnya. Keluarga hingga nyawa diakuinya akan selalu menjadi tebusan untuk membela Rizieq.

Saat Rizieq pergi ke Arab Saudi selama tiga tahun pun, Bahar seperti menjadi sosok yang mengisi perannya di hadapan para pengikutnya. Sosoknya seperti menjadi obat kerinduan bagi pengikut Rizieq terhadap seruan-seruan Imam Besar mereka yang menggelegar.

FPI sendiri memang terkenal sebagai ormas Islam yang agak keras dibandingkan dengan sejumlah ormas Islam lainnya. Ormas tersebut dikenal selalu berada digaris terdepan jika sudah berhubungan dengan penegakan yang baik dan pencegahan yang buruk (amar maruf nahi mungkar), salah satu contohnya adalah aksi sweeping tempat maksiat seperti tempat-tempat hiburan dan semacamnya. 

Hal inilah yang membuat sosok Rizieq dan Bahar sangat cocok menjadi pentolan ormas tersebut, lantaran keduanya memiliki sifat yang tegas dan berapi-api pula. Meskipun sebenarnya, sosok keduanya yang kontroversial tersebut nyatanya menjadi keresahan tersendiri bagi sebagian masyarakat. Hal ini pula yang menjadi salah satu alasan FPI dibubarkan dan pimpinan-pimpinannya seperti Rizieq dan Bahar diringkus polisi.

Bahar sendiri diketahui dipenjara akibat aksinya melakukan penganiayaan terhadap dua orang pemuda yang menurutnya mengejek dirinya karena berdandan meniru dirinya. Dirinya juga pernah menganiaya seorang sopir taksi online karena dikabarkan menggoda almarhumah istrinya yang saat itu menjadi penumpang. 

Dalam berceramah, Bahar juga dikenal cukup kontroversial karena kerap kali dari mulutnya keluar kalimat bernada cacian terhadap pihak-pihak tertentu yang dinilainya buruk. Salah satu pihak yang pernah menjadi sasaran kecamannya adalah Presiden Jokowi karena dianggap menjadi pemimpin yang hanya menyejahterakan kaum non-muslim, orang tionghoa, dan perusahan asing.

Rizieq juga serupa dengannya, dirinya kerap mengecam pihak-pihak yang berbeda pandangan dengannya dan kerap kali mengeluarkan kata-kata kasar. Jokowi bahkan pernah disebut banci oleh dirinya, belum lagi Pancasila dan Soekarno juga pernah disinggung olehnya dengan kata-kata ejekan hingga memicu putri sang Proklamator, Sukmawati untuk melaporkannya ke pihak kepolisian.

Terlebih saat perseteruan dengan eks-Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dalam kasus penistaan agama olehnya di masa kampanye Pilkada DKI 2016 lalu, Bahar dan Rizieq lah yang menjadi penggerak dari digelarnya aksi unjuk rasa dari sebagian umat Islam yang puncaknya adalah pada aksi 212, 12 Desember 2016 silam. Aksi inilah yang menjadi tonggak yang berhasil menjebloskan Ahok ke penjara sekaligus membuatnya gagal memenangi Pilkada menghadapi Anies Baswedan.

Kini, keduanya berpotensi akan berjumpa kembali dan mungkin saja akan kembali bergerak membangun kembali sisa-sisa kejayaan mereka bersama FPI. Bahar kini sudah berstatus bebas dan tinggal menunggu Rizieq yang masih menjalani sisa hukumannya. Usia Bahar masih terpaut muda, namun kematangannya sudah mampu untuk menjadikannya sosok penerus Rizieq di masa depan.

Baca Juga: Baru Keluar Penjara, Habib Bahar Langsung Susun Agenda Dengan Rizieq Shihab

Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini