Wapres Ma'ruf Amin Tekankan 3 Point Penting Jelang Pemilu 2024, Simak Baik-baik!

Wapres Ma'ruf Amin Tekankan 3 Point Penting Jelang Pemilu 2024, Simak Baik-baik! Kredit Foto: GenPI

Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyampaikan kepada semua pihak untuk menjaga situasi dan kondisi menjelang Pemilu 2024. Ma'ruf menekankan tiga hal yang perlu menjadi perhatian jelang Pemilu, mulai dari penyelenggara Pemilu, elite politik dan masyarakat. 

Seperti penyelenggara Pemilu, Ma'ruf meminta agar mengawal dan menyelenggarakan Pemilu secara tertib sesuai aturan. Dia berpesan agar penyelenggara Pemilu memastikan tidak ada kecurangan yang dapat mengikis kepercayaan masyarakat.

"Yang adil jujur, dan semuanya dijaga dengan baik tidak ada kecurangan, tidak ada hal-hal yang bisa membuat kerusuhan, ketidakpuasan, atau ketidakpercayaan masyarakat," kata Ma'ruf saat berdialog dengan Diaspora Indonesia di Peacock Western, Hotel Imperial, Osaka, Jepang.

Baca Juga: PN Jakpus Minta Pemilu Ditunda, Presiden Jokowi Gregetan: Sudah Saya Sampaikan Bolak-balik...

Ma'ruf melanjutkan, untuk menghindari ancaman perpecahan Pemilu, ia juga meminta elite politik dan peserta Pemilu agar dapat mengikuti aturan yang sudah ditentukan. Salah satunya dengan memberikan ide dan gagasan untuk pembangunan, bukan menyerang lawan politik. 

Menurutnya, sudah ada aturan dalam UU Pemilu dan etika politik yang harus dilakukan para elite politik maupun peserta Pemilu.

"Pegang teguh etika politik, tidak halalkan segala cara, dan lebih kedepankan politik gagasan, ide ide. Tidak politik dalam arti menjelekkan lawan dan menghantam lawan," kata Ma\'ruf.

Baca Juga: 'Kasus Rafael Alun Salah Satu Bentuk Penyembunyian Aset dengan Rekayasa LHKPN'

Ma'ruf menilai, jika hal itu dijalankan maka Pemilu akan terselenggara dengan aman."Kita harapkan dan serukan supaya elite politik kita bisa kendalikan diri sesuai aturan, dan kedepankan etika politik dan juga poltiik gagasan. Kalau itu dipegang, saya kira Pemilu akan aman," jkatanya menambahkan.   

Selanjutnya, Ma'ruf berpesan kepada masyarakat yang juga menjadi sasaran dari ancaman perpecahan agar menguatkan persatuan. Salah satunya dengan tidak mudah terprovokasi oleh berbagai hasutan yang akan menibulkan perpecahan.

"Ini yang paling berat kan berita bohong ini, hoaks ini. Ini yang sebenarnya harus dijaga betul. Tokoh masyarakat harus ambil peran, jaga agar tidak terjadi itu," ujarnya.

Baca Juga: PN Jakpus Minta Tunda Pemilu 2024, Ketum Megawati Langsung Kasih Instruksi ini ke PDIP, Simak Baik-baik!

Apalagi dengan maraknya berita bohong yang beredar di masyarakat. Wapres pun mengingatkan, mulai sekarang pemerintah dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) perlu mengawasi berita-berita hoaks yang muncul di media sosial (medsos).

"Jadi berita bohong dibuat sedemikian rupa oleh orang yang ingin  memecah belah bangsa. Jadi pemimpin masyarakat, tokoh masyarakat, pemimpin agama betul-betul mengawal," kata dia.

Lihat Sumber Artikel di Republika Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Populis dengan Republika.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover