Gada Lagi Pemadaman di Jakarta, PLN Jamin Listrik Tetap Menyala Selama Proses Pemeliharaan!

Gada Lagi Pemadaman di Jakarta, PLN Jamin Listrik Tetap Menyala Selama Proses Pemeliharaan! Kredit Foto: Moehamad Dheny Permana

PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya meminta masyarakat tak lagi khawatir soal pelayanan listrik di Jakarta. Sebab, kini PLN memastikan bahwa sudah tidak ada lagi listrik padam selama proses pemeliharaan.

Manager Operasi dan Pemeliharaan Sistem Distribusi PLN UID Jakarta Raya, Heri Sutikno mengatakan, terobosan itu bisa dilakukan karena adanya mobil Unit Gardu Bergerak (UGB). Dimana, UGB ini akan menjadi sumber listrik sementara selama proses pemeliharaan berlangsung.

"Setiap pemeliharaan gardu bisa menggunakan UGB. Satu hari bisa ada 6-10 pengerjaan. Bisa full sehari. Bisa terlayani semuanya," ujar Heri di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (9/3/2023).

Baca Juga: Apresiasi PLN Wujudkan Pemerataan Listrik di Daerah 3T, Komisi VI DPR: Ada beberapa Daerah yang Ditemukan...

Selain memberi kepuasan kepada masyarakat, pemeliharaan tanpa pemadaman ini juga dapat membantu mengamankan pendapatan PLN. Selama Januari-Februari 2023, PLN berhasil mengamankan pendapatan Rp240 juta dari 150 gardu yang jalani pemeliharaan.

"Jadi 150 gardu kita dapatnya Rp240 juta. bagi PLN sendiri ini sangat bermanfaat sekali ya karena kita tidak kehilangan potensi untuk menjual," ujarnya.

Baca Juga: PDIP dan PPP Potensi Koalisi, Golkar Ngaku KIB Tetap Solid: Bahkan Tetap Terbuka untuk Semua Partai

Heri menjelaskan, PLN DKI sudah memiliki 23 unit UGB yang bisa dioperasikan untuk melakukan pemeliharaan tanpa pemadaman ke seluruh wilayah Jakarta. Kendati begitu, ia menyebut masih ada sejumlah lokasi yang gardunya tidak dapat diakses UGB.

Sebagai solusinya, PLN berupaya mempersingkat pengerjaan dengan durasi maksimal 30 menit. Sehingga, diharapkan aktivitas masyarakat yang menggunakan listrik tidak begitu terganggu. 

"Banyak testimoni dari masyarakat yang selama ini kita kerjakan di gardu-gardu, mereka cukup puas. Karena awalnya mikirnya 'wah ada PLN berarti akan ada padam', dulu mikirnya kayak gitu. Kalau sekarang ada PLN alhamdulillah nggak padam," ungkapnya.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover