Bang Arteria Sepertinya Kualat Karena Pernah Bentak Prof Emil Salim, Sekarang Ibunya yang Dibentak Orang Lain

Bang Arteria Sepertinya Kualat Karena Pernah Bentak Prof Emil Salim, Sekarang Ibunya yang Dibentak Orang Lain Kredit Foto: Istimewa

Anggota Komisi III DPR RI Arteria Dahlan kini tengan menjadi sorotan masyarakat lantaran dirinya terlibat cekcok dengan sesosok wanita yang mengaku keluarga jenderal. Hal tersebut terjadi saat dirinya bersama ibunya tengah berada di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta pada Minggu (21/11/2021) sore.

Adapun hal ini diketahui setelah tersebarnya video terkait pertengkaran antara Arteria bersama ibunya dengan wanita tersebut. Saat itu, dirinya bersama ibunya menjadi sasaran caci maki wanita tersebut yang kabarnya disebabkan permasalahan barang bawaan Arteria dan ibunya. 

Menurut Arteria, insiden tersebut berawal dari dalam pesawat saat pesawat yang mengantarkan dirinya dan keluarga serta perempuan tersebut dari Bali mendarat di Bandara Soekarno-Hatta.  

"Dia (wanita itu) komplain, 'barang lu terlalu banyak'. Lah koper saya dua, yang ada saya pegang tas, semua (penumpang) pegang tas. Kalau pun ada dua tas kecil itu hanya untuk alat penopang ibu saya, ibu saya udah 81 tahun dia butuh alat agar badan dia tegak lurus," tutur Arteria.

Seiring perselisihan berlangsung, tiba-tiba wanita tersebut pun menunjuk-nunjuk wajah ibunda Arteria dan memintanya untuk diam dan tidak ikut campur dalam perselisihan antara dirinya dan Arteria.

"Udah diem aja, Bu," bentak wanita tersebut.

Sontak ibunda Arteria pun melawan balik dan memerintahkan wanita tersebut agar tidak menunjuk-nunjuk dirinya.

"Eh, jangan tunjuk-tunjuk," pungkas Ibu Arteria.

Lebih lanjut, wanita tersebut pun kemudian menyombongkan dirinya dengan mengaku-ngaku memiliki hubungan jenderal bintang 3 dan mengenal Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum PDIP yang menjadi parpol tempat Arteria bernaung. Arteria sendiri pada akhirnya menyatakan bahwa dirinya akan membawa kasus ini ke jalur hukum lantaran wanita tersebut melibatkan orang-orang penting.

"Sudah berproses di Polres Bandara, biar kita tempuh jalur hukum saja. Saya tidak mau ribut di publik karena yang bersangkutan melibatkan nama jenderal bintang tiga, ketua-ketua umum partai. Jadi nggak enak kalau sampai ke permukaan (publik),” ungkap Arteria.

Ia juga meminta agar wanita tersebut mengakui saja kesalahannya bersikap kasar terhadap orang tua dan tak perlu merasa berkuasa hanya karena memiliki orang-orang penting di belakang dirinya. Tak hanya itu, ia juga dengan tegas mengancam akan menghancurkan nama wanita tersebut.

"Kalau ada kekeliruan mengaku saja sudah, mengaku salah, jalani proses, jangan sibuk mempertontonkan dia orang yang berkuasa begitulah," kata Arteria Dahlan.

"Awas lu, ya, gue buat karier lu rusak, nama lu rusak, kena lu, kena lu," tegasnya.

Tak hanya itu, Arteria juga dikabarkan mengadukan hal ini kepada KSAD Dudung Abdurachman selaku pimpinan di Angkatan Darat TNI. Ia mengadukan perihal adanya kerabat seorang jenderal TNI yang semena-mena terhadap dirinya dan meminta agar Dudung bertindak tegas terhadap masalah ini.

Baca Juga: Arteria Dahlan Blak-blakan Siap Lawan: Dia Bilang Kenal Megawati

Adapun sikap Arteria tersebut lantas memancing perhatian dari banyak pihak. Sejumlah netizen justru banyak yang mencibir dirinya karena dinilai cengeng hanya karena diperlakukan seperti itu oleh wanita tersebut. Banyak di antara mereka yang justru kembali mengingatkan sikap Arteria sendiri yang juga terkenal kerap bersikap kasar terhadap orang lain.

Terlebih, masyarakat masih ingat sikapnya ketika membentak tokoh senior Prof Emil Salim pada 2019 lalu dalam sebuah diskusi yang ditayangkan acara Mata Najwa. Keduanya terlibat perdebatan sengit karena beberapa perbedaan pendapat, hanya saja Arteria saat itu tampak meninggikan suaranya di hadapan Emil seakan membentaknya.

Peristiwa tersebut saat itu benar-benar memantik kecaman dari sebagian besar masyarakat karena sikap Arteria yang terkesan tidak menaruh hormat terhadap sosok yang jauh lebih tua di atasnya. Saat ini, Prof Emil sendiri sudah menginjak usia sangat senja, yakni 91 tahun. 

Apalagi, Prof Emil sudah terkenal dan telah lama malang melintang di dunia perpolitikan Indonesia, bahkan sejak zaman pemerintahan Orde Baru Presiden Soeharto. Dirinya sempat beberapa kali dipercaya untuk mengisi jabatan di pemerintahan Orde Baru dan pernah menjadi Ketua Dewan Pertimbangan Presiden RI Ketiga, Susilo Bambang Yudhoyono.

Hal inilah yang menyebabkan netizen menganggap kejadian yang menimpa dirinya dan ibundanya lewat wanita tersebut sebagai semacam karma atas dirinya karena juga pernah membentak sosok orang tua. Sebagian masyarakat menilai bahwa sebaiknya Arteria tak perlu sampai membawa masalahnya dengan wanita tersebut ke ranah hukum, karena anak-anak Prof Emil pun tak melakukan hal serupa terhadap Arteria.

Meski begitu, faktanya Arteria menganggap persoalan dirinya dengan Prof Emil yang kembali diungkit sebagian masyarakat tersebut adalah hal biasa. Ia menilai bahwa kasusnya dengan Prof Emil tidak relevan jika dibandingkan dengan kasus wanita tersebut dengannya dan ibunya saat ini.

Menurutnya, saat itu ia memiliki perbedaan pandangan dengan Prof Emil dan memang dalam sebuah perdebatan, budaya gertak-menggertak adalah hal biasa. Terlebih, saat itu dirinya sedang membahas hal krusial yang menyangkut kepentingan bangsa, sementara wanita tersebut membentak ibunya tanpa ada alasan yang kuat dan tak menyangkut kemaslahatan orang banyak.

"Saya dan Pak Emil Salim (saat itu) tentunya kan kita juga ada pertentangan pandangan. Kalau (wanita) ini tidak ada sama sekali pertentangan pandangan," jelas Arteria.

Namun, ia sendiri mengaku tak masalah apabila masyarakat ingin mengaitkan persoalannya saat ini dengan persoalan dirinya dengan Prof Emil dulu. Menurutnya, hal itu adalah bentuk demokrasi di tengah masyarakat, meskipun dirinya tetap menyoroti apakah pantas wanita tersebut bersikap seperti itu kepada ibunya sementara tak ada masalah krusial yang melatarbelakanginya.

"Ya silakan. Ini kan demokrasi," ujar Arteria.

Ini hanya masalah yang kalau kita lihat apakah pantas begitu (ibunya dibentak). Silakan saja kalau mau dikaitkan," tandasnya.

Baca Juga: Arteria Dahlan Ngadu ke Polisi Setelah Cekcok Dengan Wanita Anak Jenderal: Tokoh NU: Cengeng Anda!

Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini