Menyesatkan! Klaim Ditemukan Uang Senilai Rp300 Triliun di Ruangan Menkeu Sri Mulyani, Begini Faktanya

Menyesatkan! Klaim Ditemukan Uang Senilai Rp300 Triliun di Ruangan Menkeu Sri Mulyani, Begini Faktanya Kredit Foto: Sufri Yuliardi

Video mencatut Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani beredar di media sosial melalui sebuah kanal YouTube yang diunggah pada 12 Maret 2023. 

Sampul dan judul video seolah mengeklaim bahwa ditemukan uang senilai Rp300 triliun di ruangan Menkeu Sri Mulyani. 

Baca Juga: PPATK Jelaskan Isu Dugaan Pencucian Uang Sebesar Rp300 Triliun, Stafsus Kemenkeu Beri Respon Begini

"SRI MULYANI TERTANGKAP BASAH TAK NYENYAK TIDUR DANA 300 T DITEMUKAN DIRUANGANNYA," tulis kanal tersebut pada sampul video. 

"NEWS ~ TERTANGKAP BASAH, TAK BISA LARI SRIMULYANI PASRAH SAAT DANA 300 T DITEMUKAN DIRUANGANYA," demikian bunyi judul video terkait. 

Kemudian video diperdengarkan untuk cek fakta, tidak ada klaim terkait ditemukan uang senilai Rp300 triliun di ruangan Sri Mulyani. 

Video sebagian besar membahas pernyataan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD soal transaksi mencurigakan mencapai Rp300 triliun di Kemenkeu. 

Baca Juga: PPATK Ungkap Hal Penting Soal Transaksi Mencurigakan Rp 300 T Kemenkeu, Nggak Disangka Ternyata..

Mahfud mengatakan transaksi ratusan triliun itu bukan tindak pidana korupsi melainkan tindak pidana pencucian uang (TPPU). 

Sementara Sri Mulyani membantah adanya transaksi mencurigakan sebesar Rp300 triliun di Kemenkeu. Melansir Populis.idia mengaku tidak tahu kabar tersebut dan meminta Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) menjelaskan ke publik soal tudingan itu. 

Baca Juga: Soal Transaksi Mencurigakan di Kemenkeu Sebesar Rp 300 T, Kepala PPATK Berikan Klarifikasi, Begini Katanya

Sri Mulyani menyebut PPATK memang melaporkan hal tersebut, namun PPATK dinilai melaporkan hal berbeda kepada Mahfud MD. 

Berdasarkan hasil penelusuran, video dengan narasi ditemukan uang senilai Rp300 triliun di ruangan Sri Mulyani adalah tidak benar. Faktanya, tidak ada sumber kredibel yang menyatakan demikian. 

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover