Apa Itu Perang Dingin?

Apa Itu Perang Dingin? Kredit Foto: http://www.indymedia.org.uk/en/static/help.html

Perang Dingin adalah persaingan politik yang sedang berlangsung antara Amerika Serikat dan Uni Soviet dan sekutu masing-masing yang berkembang setelah Perang Dunia II.

Kekuatan dunia saat itu dibagi menjadi dua yakni Blok Timur yakni Uni soviet dan Blok Barat yakni Amerika Serikat yang mana keduanya saling menyebarkan pengaruh ideologinya yakni Komunisme oleh Uni Soviet dan Demokrasi Liberal oleh AS.

Permusuhan antara dua negara adidaya ini pertama kali diberi nama oleh George Orwell dalam sebuah artikel yang diterbitkan pada tahun 1945.

Baca Juga: Langsung dari Amerika Serikat, Begini Kondisi Terbaru Ayahnya Mas AHY... Siap-Siap!

Orwell memahaminya sebagai kebuntuan nuklir antara "negara-negara super" karena masing-masing memiliki senjata pemusnah massal dan mampu memusnahkan yang lain.

Perang Dingin dimulai setelah penyerahan Jerman Nazi pada tahun 1945, ketika aliansi yang tidak nyaman antara Amerika Serikat dan Inggris di satu sisi dan Uni Soviet di sisi lain mulai berantakan.

Uni Soviet mulai mendirikan pemerintahan sayap kiri di negara-negara Eropa Timur, bertekad untuk melindungi dari kemungkinan ancaman baru dari Jerman.

Amerika dan Inggris khawatir bahwa dominasi Soviet di Eropa timur mungkin akan permanen. Perang Dingin diperkuat oleh 1947-1948, ketika bantuan AS telah membawa negara-negara Barat tertentu di bawah pengaruh Amerika dan Soviet telah mendirikan secara terbuka komunis rezim.

Namun demikian, sangat sedikit penggunaan senjata di medan perang selama Perang Dingin. Itu dilancarkan terutama di bidang politik, ekonomi, dan propaganda dan berlangsung hingga 1991.

Sejarah Perang Dingin

Setelah penyerahan Nazi Jerman pada Mei 1945 menjelang akhir Perang Dunia II, aliansi masa perang yang tidak nyaman antara Amerika Serikat dan Inggris Raya di satu sisi dan Uni Soviet di sisi lain mulai terurai.

Pada tahun 1948 Soviet telah memasang pemerintahan sayap kiri di negara-negara Eropa Timur yang telah dibebaskan oleh Tentara Merah.

Baca Juga: "Pemerintah Harus Fokus Produksi Vaksin Merah Putih, bukan Vaksin Asing"

Amerika dan Inggris takut akan dominasi permanen Soviet di Eropa timur dan ancaman partai komunis yang dipengaruhi Soviet akan berkuasa di negara demokrasi Eropa barat.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini