Biografi Megawati Soekarnoputri: Presiden Perempuan Pertama di Indonesia

Biografi Megawati Soekarnoputri: Presiden Perempuan Pertama di Indonesia Kredit Foto: Instagram/Megawati Soekarno Putri

Dyah Permata Megawati Soekarnoputri atau yang kerap disapa Megawati adalah Presiden Republik Indonesia yang ke-5.

Megawati  lahir di Yogyakarta, 23 Januari 1947 dari pasangan Soekarno dan Fatmawati. Megawati adalah anak kedua dari Presiden pertama Indonesia.

Baca Juga: Presiden Jokowi Sampaikan Kabar Penting, Jangan Meremehkan

Kehidupan Awal dan Pendidikan Megawati

Megawati Soekarnoputri ini memulai pendidikannya, dari SD hingga SMA di Perguruan Cikini, Jakarta.

Setelah lulus SMA, Mega kuliah di Fakultas Pertanian Unpad, Bandung. Namun beliau bertahan hanya sekitar setahun antara 1965-1967 diakibatkan situasi politik nasional yang memanas.

Walaupun tidak aktif kuliah, Megawati tetap aktif di Organisasi Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI).

Pasca masa kepemimpinan Soekarno pada 1967 dan kondisi politik yang agak normal, Megawati kembali masuk kuliah di Fakultas Psikologi UI, tapi tidak sampai tuntas.

Pada tahun-tahun ini adalah tahun duka keluarga besar Soekarno. Karena pada tahun 1970, Soekarno meninggal dunia saat Mega berusia 23 tahun.

Megawati menikah tiga kali dalam usia yang muda. Pada awalnya, menikah dengan pilot Letnan Satu Penerbang TNI AU, Surendro dan dikaruniai dua anak lelaki bernama Mohammad Prananda dan Mohammad Rizki Pratama.

Namun, suami pertamanya gugur dalam tugas militer tahun 1970 di Indonesia Timur, pilot Surendro bersama pesawat militernya hilang dalam tugas.

Megawati kembali menikah dengan seorang diplomat asal mesir bernama Hassan Gamal Ahmad Hasan, 1972, dalam usia 25 tahun. Pernikahan ini tidak bertahan lama dan tidak memiliki anak.

Baca Juga: Ucapan Anak Buah Megawati ke Andi Mallarangeng Pedas, Panas

Satu tahun kemudian Megawati menikah dengan pria bernama Taufik Kiemas, asal Ogan Komiring Ulu, Palembang. Pada pernikahannya yang ke-3, mereka dikaruniai seorang putri Puan Maharani.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini