Biografi Abdurrahman Wahid: Sosok Kiyai, Tokoh Politisi, dan Akademisi yang Menginspirasi

Biografi Abdurrahman Wahid: Sosok Kiyai, Tokoh Politisi, dan Akademisi yang Menginspirasi Kredit Foto: Flickr.com: World Economic Forum

Abdurrahman Wahid yang akrab dipanggil Gus Dur menjabat Presiden RI ke-4 mulai 20 Oktober 1999 hingga 24 Juli 2001.

Gus Dur merupakan sosok luar biasa dan merupakan sosok yang menginspirasi serta terkenal dengan kata-katanya “Gitu aja kok repot”.

Baca Juga: MUI Kena Jebret Gus Nur, Alamak! Sampai Bawa-Bawa Mental Jongos Lagi..

Kehidupan Awal Gus Dur

Beliau lahir tanggal 4 Agustus 1940 di desa Denanyar, Jombang, Jawa Timur. Gus Dur adalah putra pertama dari enam bersaudara.

Ayahnya adalah seorang pendiri organisasi besar Nahdlatul Ulama sekaligus pendiri Pesantren Tebu Ireng Jombang, yang bernama KH. Wahid Hasyim.

Sedangkan Ibunya bernama Hj. Sholehah adalah putri pendiri Pesantren Denanyar Jombang, K.H. Bisri Syamsuri.

Kakek KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dari sanad ibunya merupakan Rais ‘Aam di Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) sebagai pengganti posisi KH. Wahab Chasbullah.

Dari perkawinannya dengan Sinta Nuriyah, mereka dikarunia empat orang anak, yaitu Alissa Qotrunnada Munawaroh, Zannuba Arifah Chafsoh, Annita Hayatunnufus, dan Inayah Wulandari.

Tahun 1949, ayah Gus Dur diangkat menjadi kepala Menteri Agama pertama sehingga keluarga Wahid Hasyim pindah ke Jakarta untuk memasuki suasana yang baru.

Setelah kepindahannya di Jakarta, berbagai tamu dari berbagai kalangan bertamu ke kediaman Wahid Hasyim. Hal itu menjadikan Gus Dur menambah pengalaman untuk mengenal dunia politik.

Sejak kecil Gus Dur sudah terlihat memiliki kesadaran penuh untuk mengemban tanggung jawab terhadap Nahdlatul Ulama (NU).

Baca Juga: MUI Sudah Layak Dibubarkan atau Pembenahan Sesuai "Khitah" Awalnya

Sekitar bulan April  tahun 1953, Gus Dur Bersama ayahnya berangkat ke Sumedang, Jawa Barat untuk menghadiri pertemuan Nahdlatul Ulama (NU) dengan mengendarai mobil, akan tetapi di tengah perjalanan mengalami kecelakaan yang mengakibatkan ayahnya meninggal.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini