Soal Aturan Toa Masjid, MUI Sebut Butuh Penyegaran Dengan...

Soal Aturan Toa Masjid, MUI Sebut Butuh Penyegaran Dengan... Kredit Foto: Istimewa

Ketua Majelis Ulama Indonesia Masduki Baidlowi soroti soal aturan toa masjid yang belakangan menjadi perhatian sejumlah pihak.

Melalui Ijtimak Ulama VII, MUI mengakui aturan soal toa masjid dari pemerintah yang sudah ada sejak 1978 memang perlu disegarkan.

Lantas, apa yang dimaksud dengan penyegaran aturan? Apa saja yang perlu ditekankan dalam mengatur hal tersebut?

Baidlowi mengatakan, pelaksanaan tegas di lapangan oleh pihak Kementerian Agama menjadi poin utama keberhasilan.

"Perlu ada semacam petugas khusus untuk mengeksekusi peraturan tersebut supaya efektif," kata dia dilansir dari genpi yang dikutip pada Rabu (24/11/2021).

Baca Juga: Isu Reshuffle Kabinet Mencuat, Gawat Nih Menteri-menteri Ini

Jubir Wapres Ma'ruf Amin ini mengatakan, petugas khusus itu perlu melakukan pendekatan persuasif dan intensif kepada setiap takmir masjid di seluruh daerah.

Salah satu cara yang mungkin dipakai ialah mengadakan semacam pertemuan-pertemuan kelompok secara berkala dengan materi yang mencerahkan.

Menurutnya, pendekatan khusus dan persuasif ini sangat penting agar pihak takmir masjid tidak salah paham dari peraturan tersebut. Dengan demikian, haparannya tentu aturan itu dapat terlaksana efektif di lapangan.

"Selain aparat kementerian, pelaksanaan eksekusi peraturan tersebut dapat dilakukan oleh pengurus Dewan Masjid Indonesia dan MUI daerah," katanya.

Baca Juga: Ingin MUI Bubar? Ah Paling Gertak Sambal Saja, Apa Mau Tenar?

Jadi, pihak Kementerian Agama mesti pro aktif terlebih dahulu mengajak DMI dan MUI daerah, khususnya di daerah-daerah perkotaan yang penduduknya heterogen.

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Populis dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini