Disebut Anti Islam, Benarkah Presiden Jokowi Larang Umat Muslim Buka Puasa Bersama?

Disebut Anti Islam, Benarkah Presiden Jokowi Larang Umat Muslim Buka Puasa Bersama? Kredit Foto: YouTube/PBB

Video mencatut Presiden Joko Widodo (Jokowi) beredar di media sosial lewat sebuah kanal YouTube yang diunggah pada 25 Maret 2023. 

Sampul dan judul video seolah menarasikan, Jokowi disebut anti Islam karena melarang umat muslim melaksanakan buka puasa bersama. 

Baca Juga: Minta Larangan Bukber Presiden Jokowi Dicabut, Said Aqil: Sebuah Imbauan Kalau Dikeluarkan Harus Dipikirkan Dulu...

"JOKOWI ANTI ISLAM LARANG DAN BUBARKAN ACARA BUKA BERSAMA," tulis kanal tersebut pada sampul video. 

"BREAKING NEWS ~ LARANG UMMAT MUSLIM BUKA BERSAMA!! JOKOWI DI CAP ASTI ISLAM!!" demikian bunyi judul video terkait. 

Setelah video diperdengarkan untuk cek fakta, tidak disebutkan bahwa Jokowi melarang umat muslim melaksanakan buka puasa bersama. 

Video membahas tanggapan mantan Menteri Kelautan dan Kemaritiman Susi Pudjiastuti terhadap larangan buka bersama bagi pejabat negara dari Jokowi. 

Menurut Susi, larangan tersebut berkaitan dengan kepekaan Presiden terhadap keresahan masyarakat atas perilaku hedon keluarga pejabat. 

Baca Juga: Ketua MUI Minta Surat Larangan Bukber Dicabut, Jokowi Disentil: Yang bener itu Karena Covid-19 atau Foya-foya Pak?

Narasi yang dibacakan sesuai dengan artikel Depok.suara.com berjudul "Polemik Presiden Jokowi Larang Bukber di Kalangan Pejabat Disebut Anti-Islam, Susi Pudjiastuti Beri Pesan Menohok", tayang pada 24 Maret 2023. 

Dengan demikian, video dengan narasi Jokowi disebut anti Islam karena melarang umat muslim untuk buka bersama adalah keliru. Faktanya, larangan itu ditujukan kepada pejabat negara bukan umat muslim secara keseluruhan. 

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover