Biografi Prabowo Subianto: Kisah Suksesnya di Dunia Militer, Pengusaha, hingga Politisi Terkenal

Biografi Prabowo Subianto: Kisah Suksesnya di Dunia Militer, Pengusaha, hingga Politisi Terkenal Kredit Foto: Instagram/Prabowo Subianto

Prabowo Subianto lahir di Jakarta, 17 Oktober 1951 ini adalah anak dari pasanganĀ  Soemitro Djojohadikusumo dan Dora Marie Sigar.

Prabowo Subianto merupakan mantan Danjen Kopassus, pengusaha dan politisi. Prabowo juga politikus dari partai Gerindra.

Pada pemilihan umum tahun 2009, ia dipilih sebagai wakil dari capres Megawati Soekarnoputri namun ia harus bersabar karena kemenangan masih belum berpihak.

Baca Juga: Anggaran Pertahanan Lebih Gemuk dari Anggaran Kesehatan: Bukti Otoriter Kekuasaan Menguat

Kehidupan Awal dan Pendidikan Prabowo

Prabowo adalah anak ketiga dari empat bersaudara. Kedua kakaknya perempuan; Biantiningsih Miderawati dan Maryani Ekowati, dan satu adik laki-laki, Hashim Djojohadikusumo.

Prabowo menikah dengan Siti Hediati Hariyadi, anak dari Presiden Soeharto. Dari pernikahannya dikaruniai satu orang anak bernama Ragowo Didiet Hediprasetyo.

Sejak kecil Prabowo tinggal berpindah-pindah tempat di luar negeri karena mengikuti tugas orang tuanya.

Begitu juga dengan pendidikan dasar hingga menengahnya selalu berganti-ganti. Ia sekolah SD di Hongkong, pindah ke Malaysia, Swiss, danĀ  dia menamatkan sekolah menengah atasnya di American School di Inggris Pada 1969.

Pada usia 16 tahun, Prabowo kembali ke Indonesia dan sudah terlibat aktif dalam pertemuan-pertemuan yang digelar orang tuannya. Saat itu orang tuanya dikenal sebagai seorang begawan ekonomi dan aktivis sosialis.

Prabowo turut mendirikan lembaga swadaya masyarakat pertama di Indonesia bernama Lembaga Pembangunan.

Prabowo mulai terlibat membangun jaringan sosial yang dulu pernah dibangun oleh orang tuanya, dia punya ide mengumpulkan kembali anak-anak petinggi Partai Sosial Indonesia (PSI) yang dulu orang tuanya aktif di sana.

Baca Juga: Nah Lho... Tak Disangka-sangka Sosok Ini Berani Bongkar Pertemuan Bu Mega dan Prabowo, Wow Banget!

Pada tahun 1970 saat usianya 19 tahun, Prabowo memutuskan untuk masuk pendidikan di Akademi Militer Nasional (AMN) di Magelang, Jawa Tengah.

Padahal sebelumnya, ia sudah diterima kuliah di University of Colorado dan George Washington University, Amerika Serikat.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini