Akhirnya Terungkap, Sri Mulyani Buka-bukaan Bongkar Isi Surat PPATK Terkait Transaksi Mencurigakan Rp 349 Triliun di Kemenkeu

Akhirnya Terungkap, Sri Mulyani Buka-bukaan Bongkar Isi Surat PPATK Terkait Transaksi Mencurigakan Rp 349 Triliun di Kemenkeu Kredit Foto: World Bank Managing Director and Chief Operating Officer

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani akhirnya mengungkap isi surat dari Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK). Dalam surat itu menyebut perihal transaksi janggal mencapai Rp 349 triliun di Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Keterngan Sri Mulyani disampaikan dalam rapat kerja bersama Komisi XI DPR RI di Komplek Senayan, Jakarta, Senin (27/3/2023). Menurut dia, mulanya nilai transaksi janggal itu tidak dimuat PPATK dalam surat pertamanya yang dikirim ke Kemenkeu pada 9 Maret 2023.

Baru kemudian di surat kedua pada 13 Maret 2023, disebutkan angka Rp 349 triliun dalam kompilasi 300 surat yang terdiri dari 43 halaman.

"Ini baru pertama kali PPATK mengirim sebuah kompilasi surat," ujar Sri Mulyani.

Adapun, 300 surat itu terdiri dari 139 inquiry Kemenkeu, 61 inisiatif PPATK, dan 100 surat yang dikirim ke APH.

Sri Mulyani bilang surat dari PPATK yang benar-benar berhubungan dengan tupoksi pegawai Kemenkeu hanya 135 surat dengan nilai Rp 22 triliun. Transaksi itu pun disebut tidak semua berhubungan dengan instansinya.

"Bahkan Rp 22 triliun ini, Rp 18,7 triliun menyangkut transaksi korporasi yang tidak ada hubungan dengan Kemenkeu," kata Sri Mulyani.

Baca Juga: Arteria Dahlan Nggak Berani Terima Tantangan Mahfud MD, tapi Siap Hadir Rapat Bahas Transaksi Janggal Rp 349 Triliun di Kemenkeu?

Berikut transaksi terkait debit kredit operasional korporasi yang tidak ada kaitannya dengan pegawai Kemenkeu berdasarkan pemaparan Sri Mulyani:

Lihat Sumber Artikel di Suara.com Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Populis dengan Suara.com.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover