Gelar Safari Ramadan, AHY Terus Terang Bakal Dorong UMKM Naik Kelas dan Lanjutkan Program Bidikmisi Besutan SBY

Gelar Safari Ramadan, AHY Terus Terang Bakal Dorong UMKM Naik Kelas dan Lanjutkan Program Bidikmisi Besutan SBY Kredit Foto: Moehamad Dheny Permana

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memulai Safari Ramadan 1444 H di DKI Jakarta. Kegiatan ini diselingi dengan UMKM Award, yaitu penghargaan kepada pelaku usaha menengah, kecil dan mikro (UMKM) yang konsisten berjuang untuk keluarga.

Dihadapan para pelaku UMKM, mahasiswa dan penerima beasiswa bidikmisi, AHY mengatakan sektor UMKM merupakan kekuatan ekonomi riil rakyat. Menurutnya, sektor UMKM telah memberikan 60 persen kontribusi terhadap ekonomi nasional.

"Saya berharap, seluruh kader Demokrat, baik di Jakarta maupun di seluruh pelosok tanah air terus membina pelaku UMKM agar ekonomi kita semakin kuat," ujar AHY di Pendopo Haji Misan Samsuri (HMS), Jakarta Timur, Senin (27/3/2023).

Baca Juga: PDIP Bagi-bagi Amplop di Masjid, Anak Buah AHY Minta Bawaslu Bertindak: Jangan Hanya Menyoroti Mas Anies!

Selain sektor ekonomi, AHY juga menyoroti pentingnya pembangunan sumber daya manusia. AHY berjanji dirinya akan melanjutkan program beasiswa Bidikmisi yang kini berubah jadi KIP. Seperti diketahui, program Bidikmisi dimulai pada era pemerintahan Presiden SBY (2004-2014) dan terus berlanjut hingga sekarang.

"Melalui program Bidikmisi, kita berhasil meningkatkan jumlah penerima beasiswa dari 6,3 juta pada 2005 menjadi 11,3 juta pada 2013. Kita tahu, kebodohan adalah sumber dari kemiskinan. Kita tak ingin ada yang miskin dan bodoh di negara kita. Indonesia untuk Semua, tidak boleh hanya untuk satu gelintir kelompok saja," ucap AHY.

Baca Juga: Politisi Gerindra Yakin, Jika Bung Karno Masih Hidup Pasti Akan Ikut Menerima Kedatangan Timnas Israel!

Sementara itu, Ketua Demokrat Jakarta Mujiyono menjelaskan, UMKM Award itu diberikan kepada pelaku usaha mikro skala rumah tangga yang terus berjuang untuk perubahan dan perbaikan bagi keluarganya.

Mujiyono bersyukur karena dari 2.400 UMKM Binaan Partai Demokrat Jakarta yang selama ini konsisten membantu, seperti dalam hal mem-branding Demokrat Bina UMKM, dan KTA-nisasi itu ada 50 UMKM yang berhasil meraih penghargaan.

"Alhamdulillah, ada 50 UMKM skala rumah tangga yang sekarang mendapat penghargaan dari Ketum AHY," ujar Mujiyono yang juga Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta.

Baca Juga: Gegara Ulah Koster dan Ganjar, Indonesia Potensi Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia, DPR RI Harus Buru-buru Panggil Keduanya!

Menurutnya, UMKM binaan Partai Demokrat terus dipacu agar bisa naik kelas menjadi pengusaha sukses ke depannya. Demokrat, jelasnya, akan membantu akses permodalan hingga pemasaran agar omset pelaku usaha mikro ini lebih meningkat.

Mujiyono menjelaskan Demokrat Jakarta juga proaktif dalam meningkatkan kualitas pendidikan bangsa melalui program beasiswa Bidikmisi yang digagas Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover