Jusuf Kalla Sodorkan Nama Khofifah Buat Jadi Cawapres Anies, Pengamat: Banyak Keuntungan, dan Peluang Menang Besar

Jusuf Kalla Sodorkan Nama Khofifah Buat Jadi Cawapres Anies, Pengamat: Banyak Keuntungan, dan Peluang Menang Besar Kredit Foto: Nando

Pengamat politik, Hadi Suprapto Rusli menyebut usulan mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) sudah sangat tepat. Menurutnya, duet antara Anies Baswedan dengan Khofifah Indar Parawansa sangat berpeluang menang di Pilpres 2024.

"Pendapat saya terkait pasangan Anies di Pilpres 2024 masih tetap sama bahwa Khofifah adalah pasangan yang tepat, dan memiliki peluang besar untuk menang," kata Hadi saat dikonfirmasi Populis.id, Selasa (28/3/2023).

Baca Juga: Dikuak Terang Benderang, Isu Penolakan Timnas Israel Ditunggangi PDI Perjuangan, Tujuannya Buat Dongkrak Popularitas

Direktur Eksekutif Ide Cipta Research and Consulting (ICRC) itu menilai keberadaan Khofifah bisa menutupi kelemahan Anies. Sebagai Gubernur Jawa Timur, tentu Khofifah punya basis dukungan kuat yang bisa menopang suara di daerahnya.

"Keuntungan dari pasangan ini adalah untuk menutupi kelemahan Anies di Jawa Timur, apalagi Jatim jumlah penduduk terbesar kedua di Indonesia," ujarnya.

Lebih lanjut, ia menilai Khofifah bisa menjadi pelengkap karena merepresentasikan sosok perempuan. Jika pasangan Anies-Khofifah terjadi, ia meyakini pasangan ini punya peluang besar karena juga mendapat irisan dari ormas islam terbesar di Tanah Air.

"Bukan dari bagian partai politik koalisi. Mewakili perempuan, perempuan memiliki segmen tersendiri. Mewakili kelompok NU sebagai ormas terbesar di Indonesia," pungkasnya.

Sebelumnya, politisi senior Partai Golkar, Jusuf Kalla, disebut telah mengusulkan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, menjadi calon wakil presiden untuk mendampingi Anies Baswedan.

Menanggapi hal itu, Ketua DPP Partai Nasdem, Willy Aditya, mengamini usulan mantan Wakil Presiden tersebut.

Willy mengatakan bahwa nama yang masuk ke dalam bursa cawapres untuk Anies bukan hanya Khofifah. Terdapat sejumlah nama lain seperti Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono; Wakil Ketua Majelis Syuro PKS, Ahmad Heryawan; hingga putri Gus Dur, Yenny Wahid.

"Khofifah itu hanya salah satu nama yang digodok menjadi cawapres Anies," tuturnya.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover