Sempat Adu Argumen, Mahfud MD Dituding Jebloskan Arteria Dahlan ke Penjara, Begini Faktanya

Sempat Adu Argumen, Mahfud MD Dituding Jebloskan Arteria Dahlan ke Penjara, Begini Faktanya Kredit Foto: GenPI

Video mencatut Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD beredar di media sosial melalui sebuah kanal Youtube yang diunggah pada 28 Maret 2023. 

Sampul dan judul video seolah mengeklaim bahwa Mahfud MD menjebloskan Anggota Komisi III DPR Arteria Dahlan ke penjara. 

Baca Juga: Tebar Ancaman Setelah Transaksi Rp349 T Terbongkar, Arteria Dahlan Dibungkam Mahfud MD di Ruang Sindang: Berani Kau Laporkan Kepala BIN?

"RESMI DI PENJARA HARI INI MAHFUD MD BERHASIL JEBLOSKAN ARTERIA DAHLAN HINGGA BEGINI," tulis kanal tersebut pada sampul video. 

"GEGER SORE INI!!MAHFUD MD BERHASIL JEBLOSKAN ARTERIA DAHLAN," demikian bunyi judul video terkait. 

Kemudian video diperdengarkan untuk cek fakta, tidak ada klaim terkait Mahfud MD menjebloskan Arteria Dahlan ke penjara. 

Video membahas pengakuan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani terkait dugaan transaksi janggal di Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang dibongkar Mahfud MD. 

Baca Juga: Soal Transaksi Janggal Rp300 T Kemenkeu, Benarkah KPK Temukan Aliran Dana ke PDIP?

Sri Mulyani mengaku kaget karena saat itu pihaknya belum menerima informasi apa pun terkait dugaan transaksi janggal tersebut. Pihaknya mengaku mengetahui hal tersebut dari pemberitaan media. 

Narasi yang dibacakan sesuai dengan artikel Medan.tribunnews.com berjudul "Sri Mulyani Kaget soal Pernyataan Mahfud MD, DPR Curiga Ada Motif Politik di Balik Laporan Rp 349 T", tayang pada 27 Maret 2023. 

Seperti diketahui, Arteria Dahlan sempat menilai tindakan Mahfud MD dalam mengungkap transaksi janggal Kemenkeu ke publik dapat berefek pidana. 

Baca Juga: Hari Ini, Mahfud MD Dipanggil ke DPR RI untuk Klarifikasi Transaksi Janggal, Cholil Nafis Berikan Dukungan: Saya Dukung untuk Terus...

Melansir Populis.idMahfud menanggapi hal tersebut dengan meminta Arteria datang ke rapat dengar pendapat (RDP) bersama DPR. 

Berdasarkan hasil penelusuran, video dengan narasi Mahfud MD menjebloskan Arteria Dahlan ke penjara adalah tidak benar. Faktanya, pembahasan video tidak sesuai dengan narasi terkait. 

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover