Menohok! Mahfud MD Tantang Arteria Dahlan Soal Polemik Transaksi Mencurigakan Rp 349 T: Jangan Gertak, Berani Bilang Begitu ke Kepala BIN?

Menohok! Mahfud MD Tantang Arteria Dahlan Soal Polemik Transaksi Mencurigakan Rp 349 T: Jangan Gertak, Berani Bilang Begitu ke Kepala BIN? Kredit Foto: Taufik Idharudin

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Mahfud MD mengingatkan jangan ada pihak yang menghalangi penegakan hukum terkait adanya dugaan transaksi mencurigakan Rp 349 triliun di Kementerian Keuangan (Keuangan).

"Saudara jangan gertak-gertak, saya bisa gertak juga. Saudara bisa dihukum menghalang-halangi penyidikan penegakan hukum," kata Mahfud MD saat rapat dengar pendapat dengan Komisi III DPR, di Senayan, Jakarta, pada Rabu (29/3/2023).

Mahfud mengungkap kasus serupa pernah terjadi. Pada saat itu pengacara Setya Novanto, Fredrich Yunadi, berusaha menghalangi penegakan hukum. Mahkamah Agung kemudian memperberat hukuman Fredrich menjadi 7,5 tahun dari yang sebelumnya tujuh tahun.

"Orang mau mengungkap dihantam, ungkap dihantam. Sama seperti saudara kerjanya dengan Fredrich Yunandi melindungi Setya Novanto kan tidak boleh, lalu dia melaporkan sembarangan orang. Menghalang-halangi penyidikan, menghalangi penegakan hukum, lalu tangkap. Jadi, jangan main ancam-ancam begitu, kita ini sama," kata Mahfud.

Dia menyampaikan hal itu untuk menanggapi pernyataan anggota Komisi III DPR RI Arteria Dahlan yang menyebutkan laporan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) soal transaksi mencurigakan seharusnya tidak boleh disampaikan ke publik.

Baca Juga: Masinton PDIP Heran Sri Mulyani Kumpulkan Para Influencer dan Buzzer untuk Atasi Kasus Kemenkeu: Kacau, Ini Dikelola Amatiran?

Pasalnya, UU Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang menyebutkan ada ancaman pidana 4 tahun bagi yang membocorkan.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover