Nama Jokowi Diseret, Istana Buka Suara Soal Formula E, Bawa-bawa WSBK Mandalika

Nama Jokowi Diseret, Istana Buka Suara Soal Formula E, Bawa-bawa WSBK Mandalika Kredit Foto: Istimewa

Pihak Istana buka suara terkait gelaran Formula E di DKI Jakarta, setelah nama Presiden Joko Widodo disebut- sebut ikut menentukan lokasi sirkuit balap mobil bertenaga listrik itu.

Staf Khusus Mensesneg Faldo Maldinimenegaskan, sedari awal hajatanitu menjadi tangung jawab Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Pemeritah Pusat sama sekali tak ada urusan dengan balap mobil bebas emisi itu.

Baca Juga: Bamsoet: Co-Founder Formula E Ingin Bertemu Jokowi atas Permohonan Anies Baswedan

“Kami sampaikan bahwa hal-hal tersebut menjadi tanggung jawab Pemprov DKI dan panitia penyelenggara,” kata Faldo Maldini lewatketarangan tertulisnya Jumat (26/11/2021).

“Berbagai dinamika di daerah terkait penyelenggaraan adalah sepenuhnya tanggung jawab pemangku kebijakan daerah dan penyelenggara, dengan berkoordinasi dengan pihak-pihak yang terkait,” kata Fadlo menambahkan.

Kendati mengaku, Pemerintah Pusat tak ambil bagian dalam hajatan ini, namun Faldo menyarankan, agar Anies Baswedan dan jajarannya agar mempersiapkan dengan matang semua infrastruktur pendukung balap Formula E.

Seperti mempersiapkan loksi sirkut yang sesuai dengan ketentuan undang-undang, agar ke depan gelaran ini tak berpolemik lagi.

“Sebaiknya pemprov DKI dan panitia penyelenggara memprioritaskan dulu untuk menuntaskan semua permasalahan yang dihadapi,” kata faldo.

Faldo kemudian mencontohkan penyelenggaraan event World Super Bike (WSBK) di Sirkuit Mandalika beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Nggak Kira-Kira Serangan Ferdinand untuk Mas Anies, Hal Memalukan Diungkit-ungkit!

“Superbike Mandalika kemaren juga tidak diawali oleh pertemuan CEO-nya dengan Presiden,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI), Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengaku tidak ada yang salah dengan pernyataannya yang menyebut Presiden Joko Widodo bakal dilibatkan dalam penentuan lokasi sirkuit Formula E.

Bamsoet menegaskan, omongannya itu berdasarkan pengakuan Co-Founder sekaligus Chief Championship Formula E Operations (FEO) Alberto Longo yang berharap dapat bertemu Presiden Joko Widodo atas permohonan Gubernur Anies Baswedan, mengingat ajangFormula E adalah salah satu event bertaraf internasional, jadi kepala negaramesti diikutsertakan dalam hajatan tersebut.

"Alberto Longo berharap dapat bertemu Presiden atas permohonan Gubernur Anies Baswedan. Untuk meminta arahan terkait lokasi mana yang paling tepat untuk lokasi sirkuit Formula-E mengingat ini adalah event internasional, salahnya di mana?" kata Bamsoet dalam keterangannya Jumat (26/11/2021).

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini