Zaman Pak Harto Belajarnya Sudah Pakai Zoom Meeting? Masa Sih?

Zaman Pak Harto Belajarnya Sudah Pakai Zoom Meeting? Masa Sih? Kredit Foto: AP Photo

Sempat beredar narasi yang menyebut bahwa sistem pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi Zoom Meeting sudah dicanangkan Indonesia sejak era pemerintahan mendiang Presiden Soeharto. Informasi tersebut pun pada awalnya diketahui setelah beredar sebuah foto yang menampilan Presiden Soeharto di masa lalu tengah melakukan tatap muka secara daring dengan siswa sekolah.

Seperti diketahui, sistem pembelajaran secara daring melalui Zoom Meeting memang menjasdi tren baru di kalangan akademik sejak merebaknya pandemi Covid-19 awal 2020 lalu. Hal ini dilakukan guna menangkal penyebaran virus lebih jauh apabila melakukan pemebelajaran secara tatap muka.

Adapun narasi yang diangkat oleh pengunggah foto tersebut menyebut bahwa saat itu Soeharto tengah melakukan Zoom Meeting dengan siswa sekolah dan mengklaim bahwa sistem tersebut sudah mulai dicoba dilaksanakan sejak masa Orde Baru. Berikut bunyi narasi tersebut:

"ZOOM MEET BERSAMA PAK HARTO Jauh Sebelum Era Belajar Online Seperti Sekarang, Orde Baru Pernah Mencoba Pembelajaran Interaktif Jarak Jauh Berbasis Audio dan Video Seperti Diatas."

Untuk cek fakta, foto yang tersebar itu pada dasarnya merupakan cuplikan dari sebuah video zaman dulu yang pernah beredar di YouTube berjudul "Pak Soeharto mewawancarai siswa secara daring" yang menampilkan Soeharto tengah berinteraksi dengan siswa sekolah melalui teknologi sambungan suara dan video. Adapun saat itu, teknologi yang digunakan faktanya bukan seperti Zoom Meeting saat ini, melainkan melalui sinyal telekonferensi.

Saat itu pun teknologi yang digunakan masih berupa transponder yang disediakan oleh frekuensi tertentu dari satelit pertama Indonesia, yakni satelit Palapa mili Perumtel (kini dikenal sebagai Telkom Indonesia). Adapun memang benar di masa pemerintahan Orde Baru pada 1980-an, Indonesia sempat melakukan percobaan komunikasi jarak jauh, namun bukan seperti Zoom Meeting seperti saat ini.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan Zoom Meeting di era pemerintahan Presiden Soeharto merupakan informasi hoaks. Adapun merujuk pada "7 Tipe Mis dan Disinformasi", narasi yang diangkat tersebut tergolong ke dalam kategori 'false context' atau konteks yang salah, yakni ketika konten yang asli dipadankan dengan kontek informasi yang salah.

Terkait narasi ini, konten yang asli adalah percobaan penggunaan teknologi komunikasi jarak jauh secara audio dan visual di zaman pemerintahan Soeharto, yang kemudian dipadankan dengan konteks yang salah, yakni menggunakan Zoom Meeting.

Baca Juga: Aset Disita Negara, Tommy Soeharto Siap-siap Masuk Penjara!

Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini