Pak Jokowi Bebaskan Habib Rizieq dan Menggandengnya ke Istana? Serius Nih Pak?

Pak Jokowi Bebaskan Habib Rizieq dan Menggandengnya ke Istana? Serius Nih Pak? Kredit Foto: Istimewa

Mantan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab diketahui saat ini tengah mendekam di penjara karena sebuah kasus hukum yang menimpanya beberapa waktu lalu. Kebebasannya hingga kini begitu ditunggu-tunggu oleh para loyalisnya karena mereka menganggap hal ini sebagai bentuk kriminalisasi dari pihak pemerintah terhadap sosok ulama mereka.

Baru-baru ini, beredar sebuah kabar yang mengangkat narasi bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) diklaim akan segera membebaskan pentolan FPI tersebut dari masa hukumannya. Tak hanya itu, ia juga diklaim pihak pengedar kabar tersebut akan digandeng oleh Jokowi masuk ke dalam istana menjadi bagian dari pemerintahan.

Adapun dalam narasi itu juga menyebut bahwa alasan Jokowi berencana membebaskan Rizieq adalah bertujuan untuk menyelamatkan Indonesia. Narasi yang diunggah oleh kanal YouTube Gajah Mada TV tersebut menjadi sempat menjadi viral karena narasi yang diangkatnya. Berikut bunyi narasinya:

"MENGEJUTKAN! JOKOWI KAN BEBASKAN & GANDENG HABIB RIZIEQ UNTUK SELAMATKAN INDONESIA DARI KEHANCURAN!"

Dalam thumbnail video yang diunggah pemilik kanal tersebut, tampak gambar Presiden Jokowi tengah bergandengan tangan dengan Habib Rizieq yang juga didampingi oleh Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin. Dalam thumbnail tersebut juga terdapat sejumlah narasi yang diangkat:

"REZIM JKW BEBASKAN HABIB RIZIEQ DEMI SELAMATKAN NKRI."

"AYO HABIB KITA BANGUN BERSAMA NEGERI INI!"

"HRS SEGERA BEBAS? JKW AKHIRNYA PERINTAHKAN HAKIM MA DAN PNJAKTIM BEBASKAN HABIB RIZIEQ DEMI PERSATUAN?"

Untuk cek fakta, ditelusuri bahwa klaim yang menyebut Presiden Jokowi akan membebaskan Rizieq dan menggaetnya ke pemerintahan dalam narasi tersebut adalah hoaks. Faktanya, video yang berdurasi 8 menit 2 detik tersebut hanyalah berisi cuplikan aksi ribuan massa pendukung Rizieq yang menyambut kepulangannya ke Indonesia di Bandara Soekarno-Hatta pada akhir 2020 lalu. 

Seperti diketahui, Habib Rizieq sempat menetap di Arab Saudi sejak 2017 lalu dan baru kembali ke Indonesia pada akhir 2020 dan disambut meriah oleh para pengikutnya. Saat itu, Bandara Soekarno-Hatta dibuat lumpuh oleh kehadiran ribuan massa yang membludak tersebut dan menjadi berita nasional.

Sementara itu, kuasa hukum Rizieq, Aziz Yanuar, juga sempat mengatakan bahwa Rizieq dapat bebas lebih cepat apabila memperoleh remisi tahunan. Saat ini pun, Rizieq masih menjalani masa hukumannya di rumah tahanan tempat dirinya ditahan.

Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa narasi yang diangkat oleh kanal YouTube Gajah Mada TV adalah hoaks atau tidak benar. Merujuk kepada "7 Tipe Mis dan Disinformasi", narasi yang diangkat pemilik kanal tersebut tergolong ke dalam kategori "fabricated content" atau konten palsu, yakni konten baru yang 100% salah dan didesain untuk menipu serta merugikan.

Baca Juga: Ngaku Bakal Sikat Pengkhianat Rizieq Shihab, Bahar bin Smith: Saya Cari Satu Per Satu, Akan Saya Habisi Kalian

Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini