Terlibat Kasus Pencucian Uang Rp349 T, Benarkah Arteria Dahlan Mengundurkan Diri dari DPR?

Terlibat Kasus Pencucian Uang Rp349 T, Benarkah Arteria Dahlan Mengundurkan Diri dari DPR? Kredit Foto: Instagram/Arteria Dahlan

Video mencatut Anggota Komisi III DPR RI Arteria Dahlan beredar di media sosial lewat sebuah kanal YouTube yang diunggah pada 3 April 2023. 

Sampul dan judul video seolah menarasikan, Arteria Dahlan mengundurkan diri dari DPR RI karena terlibat kasus pencucian uang Rp349 triliun. 

Baca Juga: Dipanggil Jokowi ke Istana, Benarkah Presiden Pecat Arteria Dahlan dari DPR?

"ARTERIA MENGUNDURKAN DIRI KASUS PENCUCIAN UANG 349 TRILIUN MEMASUKI BABAK BARU," tulis kanal tersebut pada sampul video. 

"Mengejutkan.. Arteria Resmi Mundur Dari Kursinya, Benarkah Untuk Menghilangkan Jwjal??" demikian bunyi judul video terkait. 

Setelah video diperdengarkan untuk cek fakta, tidak ditemukan informasi terkait Arteria Dahlan mengundurkan diri dari DPR RI karena terlibat kasus pencucian uang. 

Video membahas soal jenjang pendidikan Arteria. Ia disebut mengenyam pendidikan doktoral alias S3 untuk bidang hukum di dua universitas, yakni Universitas Padjajaran dan Universitas Airlangga. 

Baca Juga: Mahfud MD Sebut DPR Nyambi Jadi Makelar Kasus, Arteria Dahlan Meradang Langsung Tebar Ancaman: Nantai Saya Perkarakan Ini!

Sebuah akun Twitter mengungkap Arteria dinyatakan hilang oleh Universitas Padjajaran yang menerimanya sebagai masiswa S3 Ilmu Hukum pada semester Genap 2019. 

Menurut keterangan dalam cuitan tersebut, status hilang diberikan kepada mahasiswa yang tidak membayar uang kuliah tunggal (UKT) di semester berikutnya namun juga tidak memberikan informasi mundur dari kampus. 

Baca Juga: Terbukti Halangi Penyidikan Transaksi Janggal Kemenkeu, Benarkah Arteria Dahlan Diamankan Aparat?

Narasi yang dibacakan sesuai dengan artikel Metro.suara.com berjudul "Berani Ancam Mahfud MD, Arteria Dahlan Terciduk 'Hilang' dari S3 Unpad tapi Tiba-tiba Daftar di Kampus Lain", tayang pada 30 Maret 2023. 

Dengan demikian, video dengan narasi Arteria Dahlan mengundurkan diri dari DPR RI karena terlibat kasus pencucian uang adalah tidak benar. Faktanya, tidak ada informasi valid yang mendasari klaim tersebut. 

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover