KPK Dituding Tetapkan Arteria Dahlan Sebagai Tersangka, Ternyata....

KPK Dituding Tetapkan Arteria Dahlan Sebagai Tersangka, Ternyata.... Kredit Foto: GenPI

Video mencatut Anggota Komisi III DPR RI Arteria Dahlan beredar di media sosial lewat sebuah kanal YouTube yang diunggah pada 3 April 2023. 

Sampul dan judul video seolah menarasikan, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menetapkan Arteria Dahlan sebagai tersangka. 

Baca Juga: Berani Ancam Mahfud MD hingga Halangi Penyidikan TPPU, Benarkah Arteria Dahlan Dipecat dari PDIP?

"DOA RAKYAT TERKABUL KPK RESMI TETAPKAN ARTERIA DAHLAN TERSANGKA," tulis kanal tersebut pada sampul dan judul video. 

Setelah video diperdengarkan untuk cek fakta, tidak ditemukan informasi terkait KPK menetapkan Arteria Dahlan sebagai tersangka. 

Video membahas tanggapan Arteria terhadap tantangan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD untuk hadir dalam rapat dengar pendapat pada Rabu (29/3) lalu. 

Rapat tersebut digelar di Gedung Parlemen Senayang dengan agenda membahas transaksi mencurigakan di Kementerian Keuangan (Kemenkeu) senilai Rp349 triliun. 

Sebelumnya, Arteria sempat mengancam akan memperkarakan Mahfud MD karena diduga membongkar transaksi mencurigakan Kemenkeu ke publik. 

Baca Juga: Terlibat Kasus Pencucian Uang Rp349 T, Benarkah Arteria Dahlan Mengundurkan Diri dari DPR?

Narasi yang dibacakan sesuai dengan artikel Wartakota.tribunnews.com berjudul "Sesumbar Bakal Pidana Mahfud MD, Arteria Dahlan Langsung Lunak Ketika Ditantang Balik: Kok ke Saya?" tayang pada 28 Maret 2023. 

Dengan demikian, video dengan narasi KPK menetapkan Arteria Dahlan sebagai tersangka adalah tidak benar. Faktanya, tidak ada informasi terkait dalam pembahasan video. 

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover