Dorong UMKM Tembus Pasar Dunia, Erick Thohir Hadirkan Rumah BUMN di Trade Mission Singapore 2023

Dorong UMKM Tembus Pasar Dunia, Erick Thohir Hadirkan Rumah BUMN di Trade Mission Singapore 2023 Kredit Foto: Viva

Rumah BUMN besutan Menteri Erick Thohir mendorong UMKM untuk menembus pasar dunia melalui pembukaan Pameran Trade Mission Singapore 2023 di West Mall, Singapura. Trade Mission Singapore 2023 merupakan salah satu ajang pameran kriya dan produk-produk dalam negeri. Ajang ini dapat menjadi sarana bagi pengrajin untuk promosi dan bertukar informasi seputar tren produk sekaligus ditujukan agar produk usaha kecil menengah dalam negeri dapat menembus pasa ekspor. 

Bersama Kamar Dagang Indonesia (KADIN) menghadirkan 28 UMKM binaan 11 perusahaan BUMN yang berpartisipasi dalam acara ini, yakni PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Pertamina, PT Telkom Indonesia Tbk, PT Pupuk Indonesia (Persero), PT Perusahaan Listrik Negara (Persero), PT Perkebunan Nusantara IV, PT Angkasa Pura II, PT Indonesia Asahan Alumunium, dan Perum Peruri. Mereka menawarkan macam-macam produk UMKM pilihan BUMN kepada masyarakat Singapura yang mengunjungi acara Trade Mission Singapore 2023. 

Baca Juga: Indonesia Gagal Gelar Piala Dunia U-20, Pengamat Yakin Jalan Erick Thohir Masih Mulus Buat Jadi Cawapres!

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga menyebut partisipasi BUMN dalam acara tersebut membawa angin segar kepada pelaku usaha agar mampu bersaing di pasa global. “Acara ini cukup penting karena memberi ruang bagi pelaku UMKM BUMN unjuk gigi memamerkan produk-produk unggulannya yang berkualitas sekaligus cikal bakal meningkatkan kapasitasnya untuk menjangkau pasar ekspor.” ucap Arya saat mengunjungi booth Rumah BUMN dikutip Populis.id, Rabu (5/4). 

Program kolaborasi KADIN ini akan menjadi batu loncatan bagi pelaku UMKM dengan produk terpilih yang telah dijajakan di Singapura untuk mendongkrak penjualan di luar negeri. Mengenai kurasi, perusahaan di bawah naungan Kadin Indonesia Trading House akan melihat sejauh mana produk tersebut siap untuk ekspor. 

Pelaku usaha bakal melalui proses kurasi lanjutan serta diberikan pelatihan, termasuk mempersiapkan berbagai persyaratan ekspor agar diterima oleh negara tujuan. Adapun produk-produk yang dijual dalam bazar berupa olahan makanan, rempah-rempah herbal, produk ekonomi kreatif hingga forzen food. 

Baca Juga: Indonesia Gagal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Pengamat Nilai Erick Thohir Justru Bak Dapat Durian Runtuh, Lho Kenapa Ya?

Ugi Sasmita selaku pengusaha kuliner Baso Aci dari Bandung, menyampaikan kesan dan pesan atas kesempatan berpatisipasi dalam Trade Mission Singapore 2023. “Saya senang sekali dan ini menjadi kesempatan bagi saya untuk memperkenalkan kuliner khas daerah untuk lebih maju, kreatif, juga belajar melihat kebutuhan pasar sehingga mampu mencari peluang dari berbagai jenis konsumen," ungkapnya. 

Kehadiran Rmah BUMN dalam acara Trade Mission Singapore 2023 menjadi wujud nyata Menteri BUMN Erick Thohir dalam mendukung perluasan UMKM BUMN dengan agresif menyelenggarakan berbagai pameran agar mampu bersaing dengan produk berkualitas lainnya di pasar ekspor dunia. 

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover