Hadiri Bazar Kementerian ESDM, MIND ID Dorong UMKM untuk Naik Kelas

Hadiri Bazar Kementerian ESDM, MIND ID Dorong UMKM untuk Naik Kelas Kredit Foto: Vicky Fadil

MIND ID bersama dengan seluruh anggotanya PT Antam Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT Inalum, PT Timah Tbk mengajak beberapa UMKM Mitra binaan untuk turut hadir dalam pameran Bazar UMKM yang diselenggarakan oleh Kementerian ESDM. Pameran ini diselenggarakan pada 4 - 6 April 2023 dalam rangka Percepatan Peningkatan Penggunaan Produk dalam Negeri dan Produk Usaha Mikro, Usaha Kecil, dan Koperasi demi menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia. 

Arifin Tasrif selaku Menteri ESDM yang membuka acara tersebut, mengajak seluruh Direktur Utama yang hadir untuk mendukung Gerakan Bangga Buatan Indonesia. "Pemerintah saat ini terus mendorong penggunaan produk-produk dalam negeri, salah satunya dengan mencanangkan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang telah diluncurkan langsung oleh Bapak Presiden Joko Widodo. Jadi pada hari ini, kita, Kementerian ESDM mengadakan kegiatan bazar yang mengusung tema Sobat Energi Belanja UMKM", ujarnya, Selasa (4/4). 

Baca Juga: Dorong UMKM Tembus Pasar Dunia, Erick Thohir Hadirkan Rumah BUMN di Trade Mission Singapore 2023

Secara konsisten, MIND ID turut mendukung pengembangan dan mendorong seluruh mitra binaan dalam anggota Grup MIND ID untuk bisa Naik Kelas. Tercatat pada akhir tahun 2021 dan 2022, lebih dari 800 mitra binaan Grup MIND ID Naik Kelas. 

Direktur Utama MIND ID Hendi Prio Santoso juga hadir dalam acara bertemakan Sobat Energi Belanja UMKM itu. Ia membeberkan salah satu strategi Grup MIND ID dalam mendorong pengembangan UMK melalui pembagian berdasarkan kluster. “Grup MIND ID melaksanakan strategi pengembangan UMK naik kelas melalui pendekatan kluster diantaranya Perdagangan, Jasa, Industri, Pertanian, Peternakan, dan Perkebunan,” ungkap Hendi. 

Baca Juga: Nah Lho.. Baju Batik Dibilang Pelanggaran Sama Anies, yang Kayak Gini Mau Jadi Presiden? Bisa Diamuk UMKM Nih!

Dalam kesempatan itu juga, MIND ID memperkenalkan program MINDterpreneur sebagai wujud strategi mendukung akselerasi UMKM Naik Kelas. Selain sebagai wadah untuk UMK berkembang dan berbagi wawasan, para mitra binaan juga mendapatkan kesempatan memperluas jangkauan pasar. 

Grup MIND ID terus berusaha memberi kontribusi positif untuk pertumbuhan ekonomi di wilayah sekitar tambang melalui pengembangan UMK dan praktik circular economy di setiap rantai bisnis Perusahaan.

Baca Juga: Gelar Safari Ramadan, AHY Terus Terang Bakal Dorong UMKM Naik Kelas dan Lanjutkan Program Bidikmisi Besutan SBY

“Melalui program MINDtrepreneur, MIND ID mendorong setiap mitra binaan untuk bisa mengambil peranan dan menjadi bagian dari rantai pasok perusahaan sesuai dengan arahan Presiden dan Menteri BUMN” tambah Hendi. 

Strategi pengembangan UMK Grup MIND ID diharapkan dapat menjawab tantangan-tantangan yang dihadapi oleh UMK selama ini diantaranya adalah bidang Manajemen, Modal usaha, Strategi dan akses pemasaran, Standar dan kualitas mutu, dan Teknis produksi.  

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover