Kinerjanya Seperti Copet, Presiden Jokowi Langsung Bekukan DPR, Apa Benar?

Kinerjanya Seperti Copet, Presiden Jokowi Langsung Bekukan DPR, Apa Benar? Kredit Foto: Youtube

Video mencatut Presiden Joko Widodo (Jokowi) beredar di media sosial lewat sebuah kanal YouTube yang diunggah pada 4 April 2023. 

Sampul dan judul video seolah menarasikan, Jokowi membekukan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sementara karena dinilai kinerjanya seperti copet. 

Baca Juga: Sri Mulyani dan Mahfud MD Konfirmasi Hadir di Rapat Soal 349 Triliun, Komisi III DPR Sudah Siap-siap! Lebih Dulu Panggil....

"DPR DIBEKUKAN SEMENTARA PRESIDEN AMBIL KEPUTUSAN MUTLAK KARENA KINERJANYA," tulis kanal tersebut pada sampul video. 

"BREAKING NEWS!!! DPR Dibekukan Sementara, Presiden Menilai Kinerjanya Seperti Copet Semua!!!" demikian bunyi judul video terkait. 

Setelah video diperdengarkan untuk cek fakta, tidak ditemukan narasi terkait Jokowi membekukan DPR sementara karena dinilai kinerjanya seperti copet. 

Sebagian besar isi video membahas pernyataan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD dalam rapat dengar pendapat bersama Komisi III DPR, membahas transaksi mencurigakan senilai Rp349 triliun di Kementerian Keuangan (Kemenkeu). 

Dalam rapat tersebut Mahfud tampak dicecar oleh setiap Anggota Komisi III. Bahkan ia juga kerap diinterupsi saat sedang berbicara. Oleh karena itu, Mahfud mengingatkan posisi DPR dan pemerintah sejajar. 

Baca Juga: Sahkan Perppu, Ketua DPR Tegaskan Pemilu Akan Tetap Jalan Sesuai dengan Jadwal!

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu menegaskan agar keduanya bersikap sejajar, saling menerangkan dan berargumen. Tidak boleh menuding satu sama lain, seperti polisi memeriksa copet. 

Dengan demikian, video dengan narasi Jokowi membekukan DPR sementara karena dinilai kinerjanya seperti copet adalah tidak benar. Faktanya, tidak ada informasi valid yang mendasari klaim tersebut. 

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover