FIFA Coret Israel hingga Timnas Indonesia Dipastikan Bakal Berlaga di Piala Dunia U-20, Begini Faktanya

FIFA Coret Israel hingga Timnas Indonesia Dipastikan Bakal Berlaga di Piala Dunia U-20, Begini Faktanya Kredit Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Video terkait Piala Dunia U-20 2023 kembali beredar di media sosial melalui pengguna akun Facebook yang dibagikan pada 3 April 2023. 

Keterangan video seolah mengeklaim bahwa timnas Indonesia dipastikan bakal tampil dalam ajang Piala Dunia U-20. 

"TRENDING Diseluruh Dunia- Indonesia Dipastikan Tampil Dipiala Dunia U20 Karena Hal Ini," tulis akun tersebut pada keterangan video. 

Baca Juga: Dihujat Gegara Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Ganjar Pranowo: Silahkan Protes Keras Saya, Silahkan Kritik Ganjar

Video juga memuat cuplikan keterangan Presiden FIFA Gianni Infantino yang disertai terjemahan Bahasa Indonesia. Ia seolah menyampaikan permintaan maaf kepada Indonesia dan menyebut Israel pantas dicoret dari Piala Dunia U-20. 

"Mohon maaf untuk Indonesia, saya sadar keputusan saya salah. Israel pantas di-banned di Piala Dunia saat ini. Perlakuan keji mereka tadi malam membuat saya prihatin atas keadaan orang-orang di Palestina. Selamat untuk Indonesia, Anda sangat berhak untuk mendapatkan ini," demikian bunyi terjemahan Bahasa Indonesia pada keterangan Infatino. 

Kemudian dilakukan penelusuran untuk cek fakta, tidak benar Indonesia dipastikan tampil dalam ajang Piala Dunia U-20. 

Cuplikan keterangan Gianni Infatino dalam video identik dengan tayangan kanal PSSI TV yang diunggah pada 2 November 2019 dengan judul "Pesan Khusus Presiden FIFA Gianni Infantino". 

Berikut terjemahan Bahasa Indonesia dari keterangan Infatino yang sebenarnya, "Halo Indonesia, saya sangat senang dapat mengirim pesan singkat ini. Meski saya sedang tidak bersama kalian secara fisik, namun saya bersama kalian dengan sepenuh hati. Saya tahu bahwa Indonesia bukan hanya negara yang hebat, namun juga memiliki sepak bola yang juga hebat. Saya tidak tahu berapa ratus juta jumlah penggemarnya. Karena alasan ini, kongres yang akan diselenggarakan hari ini tanggal 2 November merupakan kongres yang sangat penting." 

Baca Juga: Usai Indonesia Gagal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Gubernur Bali Tetap Tolak Kedatangan Timnas Israel di World Beach Games, Alasannya...

Sementara melansir Okezone.comTimnas Indonesia U-20 telah dibubarkan setelah batal tampil di Piala Dunia U-20 buntut pencabutan status tuan rumah dari Indonesia. 

Berdasarkan hasil penelusuran, video dengan narasi timnas Indonesia dipastikan bakal tampil dalam Piala Dunia U-20 adalah tidak benar. Faktanya, tidak ada informasi valid yang menyatakan demikian. 

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover