PDIP Akhirnya Beberkan Alasan Sesungguhnya Tolak Keras Timnas Israel, Ngaku Khawatir Jokowi Dimakzulkan

PDIP Akhirnya Beberkan Alasan Sesungguhnya Tolak Keras Timnas Israel, Ngaku Khawatir Jokowi Dimakzulkan Kredit Foto: Aditya Pradana Putra

PDI Perjuangan akhirnya membeberkan alasan sesungguhnya menolak Timnas Israel pada ajang Piala Dunia U-20 yang berimbas pada batalnya Indonesia menjadi tuan rumah event bergengsi itu. 

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI-P Hasto Kristiyanto mengatakan salah satu alasan pihaknya ngotot menolak Timnas Israel karena khawatir Presiden Joko Widodo dimakzulkan.

"(Pemerintah) didorong dulu supaya menerima Israel, lalu terjadi berbagai persoalan terkait dengan keamanan. Ini kan kita harus mengkalkulasi risiko yang terburuk di dalam politik," kata Hasto dalam sebuah acara disiarkan lewat YouTube dilansir Jumat (7/4/2023).

Baca Juga: Kediaman Habib Rizieq Shihab Berhari-hari Diintai Drone, Terus Disatroni Orang-orang Tak Dikenal, Duh… Gawat

Hasto mengatakan, kedatangan Timnas Israel ke Indonesia untuk mengikuti ajang Piala Dunia U-20 bisa saja dimanfaatkan kelompok tertentu untuk menjatuhkan Jokowi dengan tuduhan kepala negara melanggar konstitusi. 

"Lalu, kemudian ada tuduhan Pak Jokowi melanggar konstitusi, berujung pada impeachment," kata Hasto.

Hasto melanjutkan, Jokowi bisa saja dituding melanggar  pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 jika membuka pintu untuk timnas Israel. Dia mengatakan dalam berbagai peraturan yang telah ditandatangani pemerintah, Indonesia memang menolak keras Israel dalam berbagai hal termasuk di dunia olahraga.  

"Kedua, hukum di dalam konferensi Asia-Afrika yang kita tanda tangani, yang menolak Israel. Kemudian, ada peraturan Menteri Luar Negeri yang sudah tercatat dalam berita negara, ini menjadi suatu sasaran empuk (terhadap Jokowi)," ujarnya melanjutkan.

Baca Juga: Ngaku Alergi Barang Mahal, Rafael Trisambodo Nekat Jorokin Istri dan Anaknya: yang Pamer Itu Mereka, Sering Saya Tegur tapi Nggak Didengar!

Baca Juga: Mario Dandy Teriak Lantang Bela Pacarnya, Ngaku Aniaya David Ozora Sampai Koma Karena Pelecehan Agnes Gracia: Faktanya Begitu!

Oleh karena itu, PDI-P menyatakan sikap menolak Israel sebagai peserta Piala Dunia U20 2023 di Indonesia. Hasto lantas mengungkapkan, PDI-P melobi pemerintah sejak putaran pertama pergelaran Piala Dunia U20 2023. Pada 17 Agustus 2022, kata Hasto, PDI-P menggelar diskusi terkait potensi keikutsertaan Israel di Piala Dunia U20 2023.

Berangkat dari diskusi itu, PDI-P kemudian melobi Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

"Saya katakan, jangankan kelompok kanan, kelompok kadrun, PDI Perjuangan saja menolak. Jadi, tolong sampaikan kepada Bapak Presiden karena kami tidak dikatakan berbenturan dengan pemerintah," ujar Hasto kepada Menlu Retno saat itu.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover