Pecat Brigjen Endar, Borok Firli Bahuri Malah Dibongkar Satu per Satu: Suka Foto Dokumen Rahasia Sampai Bocorin..

Pecat Brigjen Endar, Borok Firli Bahuri Malah Dibongkar Satu per Satu: Suka Foto Dokumen Rahasia Sampai Bocorin.. Kredit Foto: Akbar Nugroho Gumay

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri, belakangan ini memang tengah menjadi sorotan publik, bahkan namanya sampai berada di salah satu trending topic di Twitter hari ini.

Firli sendiri menjadi sorotan tajam setelah aksinya memecat Brigjen Pol Endar Priantoro dari jabatannya sebagai Direktur Penyelidikan KPK. Cap kontroversial dalam dirinya pun seperti makin melekat, terlebih ia sempat mendapat penolakan publik saat hendak memimpin KPK.

Baca Juga: Usaha Mahfud MD Bongkar Transaksi Mencurigakan Dihadiahi Ancaman, Muannas Alaidid Beri Komentar Begini

Tak hanya pemecatan tersebut, ada sejumlah masalah lainnya yang melibatkan Firli. Salah satunya adalah dugaan bahwa dirinya merupakan orang yang membocorkan dokumen penyelidikan korupsi tunjangan kinerja (tunkir) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Sebagaimana diketahui, baru-baru ini beredar rekaman di media sosial yang diduga berkaitan dengan kebocoran dokumen KPK itu. Rekaman itu disebut merupakan percakapan antara petugas KPK dengan pejabat Kementerian ESDM berinisial IS.

Percakapan itu sendiri berisi dokumen penyelidikan yang ditemukan penyidik saat melakukan penggeledahan di kantor ESDM terkait dugaan korupsi yang ada di kementerian tersebut.

Dalam percakapan itu, IS mengaku mendapat dokumen itu dari Menteri ESDM, Arifin Tasrif. Sedangkan Arifin disebut memiliki dokumen tersebut dari Firli.

Mantan penyidik KPK, Novel Baswedan, menilai bahwa aksi Firli yang diduga membocorkan dokumen hasil penyelidikan di Kementerian ESDM keterlaluan. Namun, ia mengaku tak heran karena menurutnya saat menjadi Deputi Penindakan KPK, Firli kerap membocorkan penanganan kasus korupsi.

Baca Juga: Bocil Bukan Sembarang Bocil, Baru 15 Tahun, AG Ngaku Udah Ena-ena Berkali-kali Sama Dua Cowok Termasuk Mario Dandy, Astaga..

Novel menyampaikan, “Sudah menjadi rahasia umum ketika di media disampaikan tentang banyak pelanggaran yang dilakukan oleh Firli Bahuri ini. Bahkan, ketika menjadi Deputi Penindakan di KPK, saya teringat Firli Bahuri ketika mengikuti ekspose, dia sering memfoto-foto risalah atau dokumen rahasia ekspose.”

“Ini kan membocorkannya sudah pada level menghalang-halangi penyidikan, tentunya saya lebih melihat ini pidana. Tapi, terlepas dari pidana, ini menjadi ujian buat Dewas (Dewan Pengawas KPK) untuk bisa menegakkan etik dengan cara yang baik demi kepentingan KPK,” tandasnya.

Akibat sejumlah kontroversi yang menjerat Firli, sejumlah eks pimpinan dan pegawai KPK serta aktivis termasuk Novel Baswedan bahkan sampai melakukan demonstrasi di Gedung KPK pada Senin (10/4/2023) untuk mendesak pencopotan Ketua KPK itu.

Hingga artikel ini ditulis, kata kunci ‘Firli’ bahkan masih berada di urutan kedua trending Twitter dengan lebih dari 22.000 cuitan yang dibuat oleh netizen. Banyak dari mereka yang juga menuntut Firli untuk turun dari jabatannya sebagai Ketua KPK.

Firli juga dilaporkan ke Dewan Pengawas (Dewas) atas dugaan pelanggaran etika dan pidana oleh Mantan Ketua KPK, Abraham Samad dan Saut Situmorang, eks Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Wamenkumham) Denny Indrayana, dan beberapa orang lainnya.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover