Sri Mulyani dan Arteria Dahlan Diduga Terima Aliran Dana dari Rafael Alun, Benarkah?

Sri Mulyani dan Arteria Dahlan Diduga Terima Aliran Dana dari Rafael Alun, Benarkah? Kredit Foto: Antara/Galih Pradipta

Video terkait kasus gratifikasi mantan pejabat Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Rafael Alun Trisambodo beredar di media sosial lewat sebuah kanal YouTube yang diunggah pada 10 April 2023. 

Sampul dan judul video seolah menarasikan, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani dan Anggota Komisi III DPR Arteria Dahlan menerima aliran dana dari Rafael Alun. 

Baca Juga: Dalam Sebuah Wawancara, Rafael Alun Ngaku Tidak Punya Uang, Netizen: Gimmick Doang Kali Bilang Duit Abis, Padahal

"PERSEKONGKOLAN JAHAT TERBONGKAR TERNYATA ARTERIA DAN SRIMULYANI TERLIBAT KASUS RAFAEL ALUN," tulis kanal tersebut pada sampul video. 

"MENGEJUTKAN || TAK BISA MENGELAK SRIMULYANI DAN ARTERIA TERIMA ALIRAN DANA GELAP DARI RAFAEL ALUN," demikian bunyi judul video terkait. 

Setelah video diperdengarkan untuk cek fakta, tidak ditemukan informasi terkait Sri Mulyani dan Arteria Dahlan menerima aliran dana dari Rafael Alun. 

Narator dalam video hanya membacakan artikel dari Ayobandung.com berjudul "Rafael Alun Bakal Kembali Berulah, Ungkap Aib Ketua Geng hingga Bongkar Keterlibatan Orang Dekat Sri Mulyani", tayang pada 8 April 2023. 

Artikel membahas pernyataan Sekretaris Indonesia Audit Watch (IAW) Iskandar Sitorus yang menilai Rafael Alun bakal mengungkap pihak-pihak yang diduga terlibat dalam kasus yang menyeretnya. 

Baca Juga: Dukung Mahfud MD Bongkar Tuntas Dana Gelap Rp349 Triliun di Kemenkeu, Benny Harman: Nanti Ketahuan Jelas Siapa yang Bermain Api!

Melansir CNBC IndonesiaInspektorat Jenderal Kementerian Keuangan sejauh ini belum menemukan ada keterkaitan Rafael dengan para pegawai Kemenkeu lainnya, termasuk di DJP. 

Dengan demikian, video dengan narasi Sri Mulyani dan Arteria Dahlan menerima aliran dana dari Rafael Alun adalah tidak benar. Faktanya, tidak ada informasi valid yang mendasari klaim tersebut. 

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover