Anas yang Bebas Tapi SBY yang Dibawa-bawa, Sindiran Kader Demokrat Makjleb: Kalau Dia Merasa Dizalimin, Ya Memang Itu Perilaku Koruptor!

Anas yang Bebas Tapi SBY yang Dibawa-bawa, Sindiran Kader Demokrat Makjleb: Kalau Dia Merasa Dizalimin, Ya Memang Itu Perilaku Koruptor! Kredit Foto: ANTARA FOTO/Novrian Arbi

Bebasnya mantan Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum, dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin, Bandung, pada Selasa (11/4/2023) langsung memicu kehebohan publik, bahkan nama Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pun sampai dikait-kaitkan.

Pasalnya, terdapat isu yang menyebut bahwa Anas hanya ‘dikorbankan’ sehingga ia akan ‘balas dendam’ ke SBY terkait kasus korupsi proyek pembangunan Pusat Pendidikan, Pelatihan, dan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) Hambalang pada 2010-2012.

Baca Juga: KPK Gelar OTT di Jakarta dan Semarang, Siapa Saja Pihak yang Terjaring?

Politisi Demokrat, Cipta Panca Laksana, kemudian menegaskan kalau Anas sudah terbukti melakukan korupsi. Ia bahkan sampai menyisipkan video saat Majelis Hakim membacakan vonisnya.

Dalam video itu, Hakim mengatakan, “Menyatakan bahwa terdakwa Anas Urbaningrum terbukti secara sah dan meyakinkan, bersalah melakukan tindak pidana korupsi yang dilakukan secara berlanjut dan tindak pidana pencucian uang yang dilakukan secara berulang kali.”

“Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Anas Urbaningrum tersebut dengan pidana penjara selama 8 tahun, ditambah dengan pidana denda sebanyak Rp300 juta,” sambung hakim.

“Anas itu pelaku korupsi. Vonisnya juga sbg pelaku korupsi. Bkn tahanan politik,” ujarnya saat mengunggah video itu, dikutip Populis.id dari cuitan akun @panca66 pada Rabu (12/4/2023).

Oleh karena itu, jika Anas menyinggung SBY dan merasa dizalimi, menurutnya hal itu memang sudah menjadi tabiat koruptor di Indonesia.

Panca mengatakan, “Kl dia berusaha membawa nama pak SBY dan merasa dizholimin, ya memang itu perilaku koruptor di Indonesia. Jadi santai aja.”

Baca Juga: Anaknya Suka Gonta-ganti Pacar, Ibu AG Girang Bukan Main Pas Dikenalin Sama Mario Si Anak Konglomerat: Auto Sering Pansos!

“Nih buat2 yang mention2 saya soal Anas. Silakan loe tonton video vonis Anas!” tegasnya menutup.

Cuitan Panca itu kemudian memicu berbagai macam komentar dari netizen, salah satunya pengguna akun Twitter @Ace_Taniwi****. Dalam balasannya, ia menulis, “Bukankah dikorbankan? Cuma nanya sih.”

Melihat balasan itu, Panca kemudian menanggapi, “Loe tanya aja sama @KPK_RI mereka yang jadikan Anas tersangka. Gimana logikanya Anas dikorbankan? Siapa yang ngorbankan? Andi Malaranggeng aja jadi tersangka.”

Meski begitu, dalam pidatonya di depan Lapas Sukamiskin, Anas mengaku bahwa dirinya tidak memiliki beban apa pun, apalagi melakukan balas dendam kepada orang yang menzaliminya.

Ia mengatakan, “Mohon maaf kalau ada yang berpikir saya keluar, bebas ini kemudian mendatangkan atau melahirkan permusuhan atau pertentangan. Saya katakan mohon maaf, tidak.”

“Saya tidak ada kamus pertentangan permusuhan, tetapi kamus saya adalah perjuangan keadilan,” tandas Anas.

Sebagai informasi, Anas sendiri ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Februari 2013 silam. Ia diduga menerima sejumlah uang dari proyek Hambalang yang kini terbengkalai.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover