PAM Jaya dan Pansus Air DPRD DKI Groundbreaking IPA Buaran III, Mulai Dioperasikan Maret 2025!

PAM Jaya dan Pansus Air DPRD DKI Groundbreaking IPA Buaran III, Mulai Dioperasikan Maret 2025! Kredit Foto: Moehamad Dheny Permana

Perusahaan Umum Daerah (Perumda) PAM Jaya melakukan groundbreaking ceremony atas pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Buaran III, di Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, Rabu (12/4/2023). 

Direktur Utama PAM Jaya, Arief Nasrudin menjelaskan bahwa IPA Buaran III memiliki kapasitas 3000 liter per detik (lpd) yang akan melayani 226.500 sambungan rumah. Rencananya, IPA tersebut akan mulai beroperasi pada bulan Maret 2025.

Adapun, rencana cakupan wilayah pelayanannya yaitu meliputi Kecamatan Kramat Jati, Kecamatan Makasar, Kecamatan Cipayung, Kecamatan Ciracas, Kecamatan Pasar Rebo dan sebagian Kecamatan Jatinegara.

Baca Juga: Tanggapi Pengakuan Anas Urbaningrum, Eks Kader Demokrat: Kalau Merasa Dizolimi, Bukalah Fakta-faktanya...

Arief melanjutkan, bahwa pembangunan IPA Buaran III ini merupakan hasil kerja sama bundling antara PAM JAYA dan PT Moya Indonesia pertanggal 14 Oktober 2022. Skema bundling yaitu skema pembiayaan investasi dengan memperhitungkan optimalisasi aset eksisting.

Sebagaimana hal ini sesuai dengan Nota Kesepakatan No. 1/2022 antara Kemendagri, Kementerian PUPR & Pemprov DKI Jakarta tentang Sinergi dan Dukungan Penyelenggaraan SPAM, dan Peraturan Gubernur DKI Jakarta No. 7/2022 tentang Penugasan ke PAM Jaya mempercepat peningkatan SPAM.

"Konkritnya untuk pembiayaan investasi penyediaan aset baru, PT Moya Indonesia akan membangun IPA Buaran III dan membiayai jaringan distribusi untuk mendukung SPAM Jatiluhur-Hulu, SPAM Karian Serpong dan IPA Buaran III," ujarnya.

Baca Juga: Ferdinand Hutahaean Yakin, Ada Pihak yang Susun Skenario Agar Anas Urbaningrum Dijebloskan ke Penjara

Arief melanjutkan, bahwa PAM Jaya menargetkan 100 persen cakupan pelayanan air perpipaan pada 2030. Salah satu cara mencapainya yaitu dengan mengembangkan SPAM. 

“PAM Jaya akan menghadirkan kedaulatan air di DKI Jakarta. Sebagai bagian dari negara, tentu saja kami berkomitmen untuk terus berorientasi pada pelayanan dan bukan bisnis semata,” ucap Arief.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover