FIFA Diklaim Sudah Berikan Sanksi Berat Pada Timnas Israel, Nyatanya...

FIFA Diklaim Sudah Berikan Sanksi Berat Pada Timnas Israel, Nyatanya... Kredit Foto: Wikipedia

Video terkait Federasi Sepak Bola Dunia atau FIFA beredar di media sosial lewat sebuah kanal YouTube yang diunggah pada 4 April 2023. 

Sampul dan judul video seolah menarasikan, FIFA telah memberikan sanksi berat kepada timnas Israel hingga dicoret dari Piala Dunia U-20. 

Baca Juga: Elektabilitas Ganjar Pranowo Merosot Pasca Tolak Israel, Jokowi Turun Tangan Blusukan?

"RESMI ! FIFA SANKSI BERAT ISRAEL FIFA CORET ISRAEL DIPIALA DUNIA U20 DAN DIBANNED HINGGA TAHUN YANG DITENTUKAN," tulis kanal tersebut pada sampul video. 

"INI BARU ADIL - FIFA RESMI BERIKAN SANKSI BERAT KE TIMNAS ISRAEL," demikian bunyi judul video terkait. 

Setelah dilakukan penelusuran untuk cek fakta, tidak benar FIFA telah memberikan sanksi berat terhadap timnas Israel. 

Video memuat cuplikan yang identik dengan unggahan kanal KOMPASTV berjudul "Presiden FIFA soal Tragedi Kanjuruhan: Kejadian Tragis, Hari yang Kelam Bagi Sepak Bola", tayang pada 3 Oktober 2023. 

Dalam cuplikan tersebut, Presiden FIFA Gianni Infatino menyampaikan belasungkawa untuk tragedi Kanjuruhan yang menelan korban jiwa sebanyak 135 orang. 

Baca Juga: Jokowi dan Ganjar Duduk Satu Mobil Pasca Polemik Penolakan Timnas Israel

Sementara teks Bahasa Indonesia dalam video beredar tidak sesuai dengan pernyataan yang diucapkan Infantino pada video aslinya. 

Dengan demikian, video dengan narasi FIFA telah memberikan sanksi berat terhadap timnas Israel adalah tidak benar. Faktanya, terjemahan Bahasa Indonesia pada video tidak sesuai dengan ucapan Infantino yang sebenarnya. 

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover