Firli Bahuri Dituding Terbukti Lindungi Arteria Dahlan, Simak Fakta Sebenarnya!

Firli Bahuri Dituding Terbukti Lindungi Arteria Dahlan, Simak Fakta Sebenarnya! Kredit Foto: Akbar Nugroho Gumay

Video mencatut Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri beredar di media sosial melalui sebuah kanal YouTube yang diunggah pada 11 April 2023. 

Sampul dan judul video seolah mengeklaim bahwa Firli Bahuri terbukti melindungi Anggota Komisi III DPR Arteria Dahlan

Baca Juga: Jusuf Kalla Soroti Kisruh Internal KPK: Jadi Siapa yang Adil di Negara Ini?

"FIRLI BAHURI BERHASIL DI CYDUK TERBUKTI LINDUNGI ARTERIA DAHLAN SELAMA INI," tulis kanal tersebut pada sampul video. 

"FIRLI DI CYDUK TERBUKTI LINDUNGI ARTERIA DAHLAN SELAM INI," demikian bunyi judul video terkait. 

Kemudian video diperdengarkan untuk cek fakta, tidak ada klaim terkait Firli Bahuri selama ini melindungi Arteria Dahlan. 

Narator dalam video hanya membacakan artikel dari CNN Indonesia berjudul "BW: Firli Bahuri & Alex Marwata Bisa Jadi Tersangka soa Dokumen Bocor", tayang pada 10 April 2023. 

Artikel membahas pernyataan mantan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto (BW) yang menyebut Firli Bahuri bisa menjadi tersangka karena diduga membocorkan dokumen hasil penyelidikan kasus dugaan korupsi di Kementerian ESDM. 

Baca Juga: Kelakuan Anas Urbaningrum Disorot Eks Petinggi KPK: Kamu Ingin Bersihkan Dirimu Enggak Begitu Caranya Kampungan Banget!

Menanggapi hal itu, Alexander Marwata menilai kebocoran dokumen penyelidikan ESDM tidak berdampak pada proses penanganan perkara. Menurutnya, penyelidikan kasus korupsi pemotongan tunjangan kinerja di Kementerian ESDM bersifat terbuka. 

Berdasarkan hasil penelusuran, video dengan narasi Firli Bahuri terbukti melindungi Arteria Dahlan adalah tidak benar. Faktanya, tidak ada pernyataan resmi yang menyatakan demikian. 

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover