Mahfud MD Akui Disuap Arteria Dahlan untuk Tutup Mulut, Apa Benar?

Mahfud MD Akui Disuap Arteria Dahlan untuk Tutup Mulut, Apa Benar? Kredit Foto: Taufik Idharudin

Video mencatut Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD beredar di media sosial lewat sebuah kanal YouTube yang diunggah pada 14 April 2023. 

Sampul dan judul video seolah menarasikan, Mahfud mengaku diberikan suap oleh Anggota Komisi III DPR Arteria Dahlan untuk tutup mulut. 

Baca Juga: RUU Perampasan Aset Masih Ada Typo, Mahfud MD: Senin Depan Baru Diserahkan ke Jokowi

"ADA AMPLOP TERSELUBUNG MAHFUD NGAKU DI SUAP ARTERIA AGAR TUTUP MULUT," tulis kanal tersebut pada sampul video. 

"GEGER PAGI INI || MAHFUD MD NG?KU DI S0G0K ARTERIA DAHLAN AG4R TUTVP MULUT," demikian bunyi judul video terkait. 

Setelah video diperdengarkan untuk cek fakta, tidak ditemukan informasi terkait Mahfud MD mengaku diberi suap oleh Arteria Dahlan untuk tutup mulut. 

Narator dalam video hanya membacakan artikel dari CNBC Indonesia berjudul "Mahfud Tiba-tiba Buka Suara Lagi Soal Transaksi Rp 349T!", tayang pada 12 April 2023. 

Artikel membahas pernyataan Mahfud MD selaku Ketua Komite Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) yang akan membentuk tim gabungan atau satgas untuk melakukan supervisi penanganan dan penyelesaian seluruh laporan hasil akhir (LHA) dan laporan hasil pemeriksaan (LHP) terkait laporan transaksi keuangan mencurigakan. 

Baca Juga: Wow, Mahfud MD Masuk Radar PKS Buat Cawapres Anies Baswedan, Imbas Kasus Transaksi Mencurigakan 349 Triliun?

Dari narasi yang dibacakan, tidak ada pengakuan Mahfud yang menyebut diberikan suap oleh Arteria Dahlan untuk tutup mulut. 

Dengan demikian, video dengan narasi Mahfud MD mengaku diberi suap oleh Arteria Dahlan adalah tidak benar. Faktanya, pembahasan video tidak sesuai dengan narasi terkait. 

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover