Tolak Pembentukan Satgas Transaksi Janggal Kemenkeu, Benarkah DPR Ingin Lindungi Pencucian Uang?

Tolak Pembentukan Satgas Transaksi Janggal Kemenkeu, Benarkah DPR Ingin Lindungi Pencucian Uang? Kredit Foto: Taufik Idharudin

Video mencatut Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) beredar di media sosial lewat sebuah kanal YouTube yang diunggah pada 12 April 2023. 

Sampul dan judul video seolah menarasikan, DPR menolak usulan Ketua Komite Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) Mahfud MD terkait pembentukan satgas transaksi mencurigakan Kemenkeu karena ingin melindungi pencucian uang

Baca Juga: Didukung Komisi III DPR, Mahfud MD Bakal Segera Bentuk Ini Guna Menelusuri Transaksi Janggal di Kemenkeu, Simak!

"TOLAK USULAN MAHFUD DPR INGIN LINDUNGI PENCUCIAN UANG?" tulis kanal tersebut pada sampul video. 

"Tolak pembentukan Satgas, ini alasan DPR," demikian bunyi judul video terkait. 

Setelah video diperdengarkan untuk cek fakta, tidak benar DPR menolak usulan pembentukan satgas transaksi mencurigakan Kemenkeu karena ingin melindungi pencucian uang. 

Narator dalam video hanya membacakan artikel dari Investor.id berjudul "DPR Tolak Usulan Pembentukan Satgas Transaksi Mencurigakan Rp 349 Triliun", tayang pada 11 April 2023. 

Dalam artikel dijelaskan, Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni menilai pembentukan satgas itu tidak diperlukan. Sebab satgas yang dimaksud memiliki tugas pokok dan fungsi yang sama dengan Komite TPPU. 

Baca Juga: DPR RI Gak Peduli Indonesia Kena Jebakan Utang China dalam Proyek Kereta Cepat, Muslim Arbi Auto Mencak-mencak!

Maka dari itu, anggota DPR lainnya mengusulkan agar dibentuk panitia khusus (pansus) hak angket saja dibandingkan satgas. Namun hal tersebut akan dipertimbangkan usai Komisi III melakukan rapat internal. 

Dengan demikian, video dengan narasi DPR menolak pembentukan satgas transaksi mencurigakan Kemenkeu karena ingin melindungi pencucian uang adalah keliru. Faktanya, tidak ada informasi valid yang mendasari klaim tersebut.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover