Mahfud MD Disebut Gandeng Jenderal Andika Usut Transaksi Rp349 Triliun, Apa Benar?

Mahfud MD Disebut Gandeng Jenderal Andika Usut Transaksi Rp349 Triliun, Apa Benar? Kredit Foto: GenPI

Video terkait transaksi mencurigakan Rp349 triliun beredar di media sosial melalui sebuah kanal YouTube yang diunggah pada 14 April 2023. 

Sampul dan judul video seolah mengeklaim bahwa Ketua Komite Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) Mahfud MD membentuk tim khusus atau timsus bersama mantan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa untuk mengusut transaksi Rp349 triliun di Kementerian Keuangan (Kemenkeu). 

Baca Juga: Sejumlah Prajurit TNI Gugur Diserang KKB, Anak Buah Prabowo Subianto Marah Besar: Mereka Harus Dihabisi Permanen, Kirim Pasukan ke Sana!

"MAHFUD GANDENG JENDRAL ANDIKA DPR DAN KEMENKEU PANAS DINGIN KARENA HAL INI," tulis kanal tersebut pada sampul video. 

"MAMPUS || DPR MULAI PANIK, MAHFUD GANDENG JENDRAL ANDIKA BENTUK TIMSUS TANGKAP DIBALIK 349 TRILIUN," demikian bunyi judul video terkait. 

Kemudian video diperdengarkan untuk cek fakta, tidak ada klaim terkait Mahfud MD membentuk timsus bersama Jenderal Andika untuk mengusut transaksi Rp349 triliun di Kemenkeu. 

Narator dalam video hanya membacakan artikel dari Sindonews.com berjudul "Meski Komisi III DPR Tak Setuju, Mahfud MD Kukuh Bentuk Satgas Khusus Ungkap Rp349 Triliun", tayang pada 11 April 2023. 

Artikel membahas soal satgas yang akan dibentuk Komite TPPU untuk menindaklanjuti transaksi mencurigakan senilai Rp349 triliun. Dikabarkan Komisi III DPR menolak permintaan pembentukan satgas tersebut, sebab fungsinya dinilai sama dengan Komite TPPU. 

Baca Juga: Pemuda Lampung Kritik Gubernur, Eh Keluarganya Malah Ditekan, Politisi Demokrat Berang: Seharusnya yang Ditangkap Itu…

Rencananya satgas itu akan terdiri dari PPATK, DJP, DJBC, Bareskrim Polri, Pidsus Kejaksaan Agung, Bidang Pengawasan OJK, Badan Intelijen Negara (BIN) dan Kemenko Polhukam. Namun tidak ada keterlibatan TNI ataupun Jenderal Andika. 

Berdasarkan hasil penelusuran, video dengan narasi Mahfud MD membentuk timsus bersama Jenderal Andika untuk mengusut transaksi Rp349 triliun di Kemenkeu adalah tidak benar. Faktanya, tidak informasi valid yang menyatakan demikian. 

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover