Sidak Stasiun Manggarai, Andre Rosiade Minta KRL Bogor-Tanah Abang Tak Transit

Sidak Stasiun Manggarai, Andre Rosiade Minta KRL Bogor-Tanah Abang Tak Transit Kredit Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso

Anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade mempertanyakan mengapa KAI Commuter menghapus rute perjalanan KRL Bogor-Tanah Abang.

Hal itu diungkap Andre saat menjajal Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan saat jam sibuk pulang kerja, Senin (17/4/2023).

Andre tiba di Stasiun Manggarai pukul 16.25 didampingi Dirut KAI Commuter Suryawan Putra Hia dan VP Corporate KCI Anne Purba.

Baca Juga: Soal Impor Kereta Bekas, Andre Rosiade: Kalau Stasiunnya gak Dibenahi Masyarakat Akan Tetap Kayak Cendol

Politikus Gerindra ini mempertanyakan mengapa para penumpang KRL dari arah Bogor yang hendak menuju Sudirman dan Tanah Abang harus transit di Stasiun Manggarai.

"Kenapa nggak Bogor-Tanah Abang aja? Kenapa harus transit? Kan ini belum siap, Pak," ujar Andre kepada Dirut KAI Commuter Suryawan, Senin (17/4).

Sementara itu, Suryawan mengatakan akan menyampaikan usulan Andre itu ke Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA).

Baca Juga: Gubernur Lampung si Mantan Preman yang Arogan: Intimidasi Tiktoker Bima, Bentak Wartawan hingga Pukul Petugas Bandara

"Ya nanti apa yang disampaikan oleh beliau akan kami sampaikan ke DJKA seperti apa secara desainnya. Kita akan bicarakan lagi kepada pemerintah, konsepnya ini kan konsep besar ya, ini kan secara proyek masih belum selesai nih. Proyek masih berlangsung, nah nanti mungkin perlu kita informasikan juga," ucap Suryawan.

Rute KRL Bogor-Tanah Abang Dihapus

Commuter memang telah menghapus rute perjalanan KRL Bogor-Tanah Abang pada 28 Mei 2022 lalu. Penumpang dari arah Bogor yang ingin ke Sudirman dan Tanah Abang mesti transit di Stasiun Manggarai.

Baca Juga: Soal Impor Kereta Bekas, Andre Rosiade: Kalau Stasiunnya gak Dibenahi Masyarakat Akan Tetap Kayak Cendol

Rute KRL Bogor-Tanah Abang dihapus karena kebijakan switch over (SO) 5 di Stasiun Manggarai. Kebijakan itu, menurut Anne Purba, untuk menangani besarnya jumlah volume pelanggan KRL yang transit di Stasiun Manggarai.

"Kita lihat dari jalur 1 harus ke jalur 6 itu menyeberangi rel. Justru saat ini transit hanya naik tangga atau eskalator dan lift, demikian juga turun," tutur Anne pada Mei 2022.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover