Bongkar Trotoar Buat Jalan Raya, Heru Budi Dapat Sorotan dari Ahli Tata Kota: Bukti Pemda DKI Tidak Serius...

Bongkar Trotoar Buat Jalan Raya, Heru Budi Dapat Sorotan dari Ahli Tata Kota: Bukti Pemda DKI Tidak Serius... Kredit Foto: Moehamad Dheny Permana

Pengamat Tata Kota, Nirwono Joga menyarankan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono untuk mempertahankan trotoar. Hal ini guna menunjukkan keberpihakan Pemerintah Daerah DKI kepada para pejalan kaki.

Hal itu disampaikan Nirwono merespon langkah Heru Budi yang baru-baru ini membongkar trotoar dan jalur sepeda besutan eks Gubernur Anies Baswedan, yang ada di Jalan Santa, Jakarta Selatan.

Baca Juga: Yang Ngomong Mahfud MD, Hei… Gubernur Arinal Djunaidi Camkan Ini Baik-baik: Bima Punya Konstitusional untuk Menyampaikan Kritik!

"Perubahan fungsi menjadi jalan (raya) menunjukkan Pemda DKI tidak berpihak dan tidak serius menjadikan kota Jakarta, kota ramah pejalan kaki," kata Nirwono saat dikonfirmasi, Selasa (18/4/2023).

Nirwono mengatakan, untuk mengurai kemacetan, semestinya Heru Budi  melakukan rekayasa lalu lintas dan memperbanyak transportasi publik, bukan melah membongkar habis jalur pejalan kaki.

"Sehingga warga memiliki alternatif untuk beralih naik transportasi publik bukan malah mengistimewakan pengguna kendaraan bermotor pribadi yang menjadi penyebab kemacetan lalin," ucapnya.

Nirwono menegaskan, bahwa semestinya setiap Gubernur DKI punya pandangan yang sama dalam mewujudkan kota yang ramah dengan pejalan kaki. Bukan sebaliknya, yang sikut-sikutan karena berbeda kepentingan.

Baca Juga: Ramai Disorot Gegara Perkarakan Bima Yudho, Pihak Pelapor: yang Dipersoalkan Bukan Kritik ke Pemda Lampung, tapi…

Baca Juga: KPAI Ngotot Bela AG, Bapaknya David Ozora Kesal, Sindirannya Menohok Banget: Ganti Nama Aja Jadi Komisi Perlindungan Agnes!

"Siapapun Gubernur DKI, tetap harus berkomitmen mewujudkan kota ramah pejalan kaki dengan mempertahankan dan terus menyediakan lebih banyak trotoar agar warga mau atau terbiasa berjalan kaki," pungkasnya.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover