Pasukan TNI Diserang di Papua, Panglima Yudo Kini Kerahkan Operasi Siaga Tempur Kekuatan Maksimal, KKB Siap Dibikin Kacau Balau!

Pasukan TNI Diserang di Papua, Panglima Yudo Kini Kerahkan Operasi Siaga Tempur Kekuatan Maksimal, KKB Siap Dibikin Kacau Balau! Kredit Foto: Iwan Adisaputra

Tentara Nasional Indonesia (TNI) selama ini kerap menggunakan pendekatan halus untuk menghadapi Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM).

Namun, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono kini menerapkan operasi siaga tempur di beberapa daerah yang dianggap rawan aksi teror TPNPB-OPM di Papua.

Menurut Yudo, peningkatan operasi militer itu bertujuan untuk memperkuat naluri tempur para prajurit, sehingga mereka selalu siaga saat berhadapan dengan KKB.

"Di daerah-daerah tertentu, kami ubah menjadi operasi siaga tempur. Di Natuna itu ada operasi siaga tempur laut, di sini ada operasi siaga tempur darat. Artinya, ditingkatkan, dari yang tadinya soft approach, dengan menghadapi serangan seperti yang terjadi pada 15 April lalu, tentunya kami tingkatkan menjadi siaga tempur," kata Yudo saat jumpa pers di Lanud Yohanis Kapiyau, Timika, Papua, Selasa (18/4/2023) seperti dilansir Antara.

Kendati menerapkan operasi siaga tempur, pendekatan halus dan humanis yang diwujudkan dalam operasi teritorial dan komunikasi sosial di Papua terus berlanjut terutama saat para prajurit berhadapan dengan masyarakat.

Baca Juga: Sosok Ini Bongkar Kelakukan Ginda Ansori yang Laporkan Bima Yudho Kasus Kritik Lampung ''Dajjal'', Ternyata Bukan Dilaporkan tapi...

"Selama ini, kami operasi teritorial, komunikasi sosial, itu tetap kami laksanakan; tetapi ketika menghadapi (serangan) seperti ini, ya harus laksanakan siaga tempur," jelasnya.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover