Habib Rizieq Minta Masyarakat Hormati Perbedaan Lebaran 2023: Jangan Merasa Benar Sendiri!

Habib Rizieq Minta Masyarakat Hormati Perbedaan Lebaran 2023: Jangan Merasa Benar Sendiri! Kredit Foto: Fajar.co.id

Habib Rizieq Shihab mengajak umat Islam untuk menghargai perbedaan penetapan Idulfitri tahun 2023.

Diketahui bahwa Muhammadiyah telah menetapkan Idulfitri pada Jumat, 21 April besok. Sementara, pemerintah dan Nahdlatul Ulama (NU) baru akan menetapkan lebaran sore ini dan kemungkinan lebaran pada 22 April.

"Saya ingin mengajak semua tolong jika ada perbedaan lebaran di tengah kelompok masyarakat jangan panik jangan bingung jangan gundah gulana saudara," ujar Habib Rizieq dalam keterangannya, Kamis (20/4/2023).

Baca Juga: Jubir OPM Desak Jokowi Copot Panglima TNI Yudo Margono: Dia Tak Bertanggung Jawab Atas Tewasnya Prajurit TNI!

"Belajarlah kita menikmati perbedaan pendapat, belajarlah lapangkan dada. Belajarlah kita untuk bisa menghormati saudara-saudara kita yang berbeda," tandasnya.

Habib Rizieq mengimbau bahwa umat Islam jangan merasa paling benar dengan apa yang diyakininya. "Jangan merasa benar sendiri saudara," tegasnya.

Baca Juga: Ponpes Gontor Tetapkan Lebaran Besok 21 April 2023

Lebih lanjut, Rizieq menjelaskan, perbedaan penetapan lebaran itu terjadi karena metode dan kriteria yang digunakan berbeda.

Menurut dia, dalam menetapkan lebaran ada pihak yang menggunakan metode hisab atau ilmu astronomi, dan ada pula dengan metode rukyatul hilal.

Selain metode, Rizieq menjelaskan bahwa perbedaan juga terdapat pada kriteria penentuan lebaran. Bahkan, terkadang dengan metode yang sama bisa jadi berbeda penentuan lebarannya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Tak Gelar Open House pada Lebaran 2023

Misalnya, ada pihak yang berpendapat bahwa kriteria hilal di atas 0 derajat sudah masuk bulan baru, dengan demikian hari Jumat besok udah lebaran. Ada pula yang memasang kriteria hilal harus terlihat di atas 3 derajat baru dianggap masuk bulan baru.

"Kadang-kadang sesama hisab juga beda saudara. Belum tentu semuanya lebarannya Jumat, belum tentunya juga lebarannya Sabtu. Kenapa? karena beda kriterianya, ada yang beranggapan hilal kelihatan di atas 0 derajat dia tanggal baru kalau begitu Jumat lebarannya, ada juga yang di atas 3 derajat kayak pemerintah," jelas Habib Rizieq.

Baca Juga: Demokrat Tak Gentar Hadapi Koalisi Besar Bentukan Jokowi: Percaya Diri Anies Bakal Menang Pilpres

Lebaran tahun 2023 berpotensi ada perbedaan. Adapun Muhammadiyah telah menetapkan lebaran pada Jumat besok, 21 April.

Sementara pemerintah baru akan menggelar sidang Isbat pada sore ini. Dan, Nahdlatul Ulama (NU) baru akan mengumumkan lebaran pada malam ini setelah mengamati hilal di berbagai daerah.

Terkait

Terkini

Populis Discover